Lainnya

10 acara Dunia yang luar biasa di tahun 2021

Kami mengundang Anda untuk bergabung dengan Radio Rakyat Kota Ho Chi Minh (VOH) untuk meninjau 10 peristiwa luar biasa di dunia dalam satu tahun terakhir.

1. Pandemi Covid-19 terus berdampak luas pada semua aspek kehidupan

Pada tahun 2021, virus SARS-CoV-2 dengan strain baru akan terus menyerang negara-negara seperti tsunami sehingga menimbulkan dampak yang komprehensif pada semua aspek kehidupan, ekonomi – masyarakat. Setiap hari, infeksi baru dan kematian akibat penyakit ini terus meningkat. Per Desember 2021, di seluruh dunia, lebih dari 265 juta orang telah terinfeksi dan lebih dari 5 juta orang telah meninggal.

10-su-kien-the-gioi-noi-bat-nam-2021-voh.com.vn-anh1
Pandemi Covid-19 terus berdampak luas pada semua aspek kehidupan. (Foto: EPA)

Sejak berakhirnya Perang Dunia II, ini adalah pertama kalinya dunia menghadapi krisis yang begitu serius. Secara khusus, kemunculan varian Omicron di akhir tahun menjadi sinyal bahwa perjuangan melawan penyakit tersebut masih berat.

2. Tuan Joe Biden menjadi Presiden AS ke-46

10-su-kien-the-gioi-noi-bat-nam-2021-voh.com.vn-anh2
Joe Biden menjadi Presiden AS ke-46. (Foto: BBC)

Dalam sesi bikameral Kongres AS pada 6 Januari, setelah penundaan berjam-jam akibat kerusuhan, secara resmi dipastikan bahwa Joe Biden, calon presiden AS dari Partai Demokrat, memenangkan 306 suara elektoral, memenangkan pemilihan presiden. Sementara itu, Trump akhirnya diam-diam mengakui bahwa dia telah kalah. Mr Joe Biden menjadi Presiden AS ke-46 dan memiliki upacara pelantikan khusus dalam konteks rumitnya perkembangan epidemi Covid-19. Kemenangan Joe Biden juga menandai pertama kalinya Amerika Serikat memiliki Wakil Presiden perempuan, Kamala Haris.

3. AS Tarik Pasukan dari Afghanistan

Setelah peristiwa teroris 9/11, AS mengirim pasukan ke Afghanistan, pada satu titik jumlah pasukan AS yang hadir ada hingga 47.000 orang. Perang 20 tahun di Afghanistan telah menewaskan lebih dari 2.200 tentara AS dan menelan biaya triliunan dolar. Penarikan pasukan AS dan NATO dapat memicu persaingan politik di kawasan itu, dengan berbagai pihak, dari China hingga Turki, dari Rusia hingga India… semuanya berusaha memanfaatkan ruang tersebut. ditetapkan dengan variabel baru.

4. Konferensi G7: Banyak konsensus penting tercapai

Setelah 3 hari pertemuan di Carbis Bay, Cornwall, sebuah kota pelabuhan di pantai Atlantik Inggris Selatan, para pemimpin negara-negara G7 bersama dengan 4 negara undangan: Australia, Korea, India dan Afrika Selatan merilis salinan 25 halaman bersama pernyataan dengan komitmen yang ambisius dan menyeluruh tentang respons kesehatan terhadap pandemi Covid-19, pemulihan pascapandemi dalam kaitannya dengan lingkungan, mengirimkan pesan yang kuat dan positif kepada masyarakat umum, dengan cepat mengatasi pandemi dan menjadikan dunia tempat yang lebih baik lagi. Para pemimpin negara-negara G7 telah mencapai konsensus penting tentang berbagi tanggung jawab dengan dunia melalui strategi distribusi vaksin.

5. Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa mengadopsi resolusi untuk mengakhiri embargo ekonomi terhadap Kuba

Pada tanggal 23 Juni, Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa mengadopsi Resolusi tentang “Keharusan untuk mengakhiri embargo ekonomi, perdagangan dan keuangan terhadap Kuba” (A/RES/75/290) dengan 184 suara mendukung, 02 suara menentang dan 03 abstain. Ini adalah resolusi yang diusulkan oleh Kuba pada tahun 1992 dan disetujui oleh Majelis Umum PBB setiap tahun dengan suara terbanyak. Lebih dari 20 negara, termasuk perwakilan dari 06 kelompok negara, termasuk: Afrika, Komunitas Karibia, ASEAN, G77+China, Gerakan Non-Blok dan Organisasi Kerjasama Islam, menyatakan dukungan kuat mereka. Negara-negara tersebut menekankan bahwa Amerika Serikat perlu mencabut embargo terhadap Kuba dan berjanji untuk melanjutkan komitmennya untuk mematuhi prinsip, tujuan, dan semangat Piagam PBB.

6. China Bicameral Meeting 2021: Penetapan tujuan dan orientasi pembangunan periode 2021 – 2025, dengan visi 2035

Dari 4 Maret hingga 10 Maret 2021, Tiongkok mengadakan dua sesi Konferensi Konsultatif Politik Rakyat Tiongkok dan Kongres Rakyat Nasional (selanjutnya disebut Bihui). Berlangsung dari waktu ke waktu seperti praktik tahunan, Kongres Bikameral Tiongkok pada tahun 2021 mengadopsi Resolusi tentang garis besar Rencana Pembangunan Sosial-Ekonomi Lima Tahun ke-14 (2021-2025) dan visi ke 2035 memulai awal dari sebuah perjalanan baru membangun negara modern sosialis yang komprehensif. Sebagai ekonomi terbesar kedua di dunia, perkembangan China akan berdampak kuat di kawasan dan dunia.

7. 2021, tahun paling menegangkan di Selat Taiwan

Pada tahun 2021, China terus meningkatkan tekanan militer terhadap Taiwan. Menurut data AFP, sejak Kementerian Pertahanan Nasional Taiwan pada September 2020 memutuskan untuk mengumumkan serangan jet tempur China ke zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ) Taiwan, dalam waktu 14 hari, selama bulan berikutnya, Beijing terus meningkatkan ancamannya ke Taipei. Pada tahun 2021, ada total hampir 900 intrusi. Eskalasi ketegangan yang dilakukan Beijing di Selat Taiwan ini membuat sekutu Barat, terutama AS dan Jepang, sangat khawatir.

8. Dana Moneter Internasional menyerukan tindakan untuk menstabilkan ekonomi dunia

Konferensi Musim Semi diselenggarakan bersama oleh Bank Dunia (WB) dan Dana Moneter Internasional (IMF) di Washington (AS) pada 16 April. Oleh karena itu, Dana Moneter Internasional berkomitmen untuk mendorong upaya memperkuat ketahanan industri keuangan, mendukung pemulihan ekonomi global, lebih memperkuat pengawasan dan pengelolaan arus modal, menjadi risiko tinggi krisis bagi beberapa pasar negara berkembang. Pada saat yang sama, Dana Moneter Internasional juga meminta negara-negara untuk memperkuat kerja sama untuk mengatasi risiko krisis ekonomi dalam sistem keuangan.Dana Moneter Internasional menegaskan akan terus memberikan dukungan kebijakan dan keuangan untuk membantu negara-negara mengatasi pertumbuhan yang terlalu panas.

9. Hadiah Nobel 2021

10-su-kien-the-gioi-noi-bat-nam-2021-voh.com.vn-anh3
Dua pemenang bersama Hadiah Nobel Perdamaian 2021. (Gambar: nobelprize.org)

Pandemi COVID-19 menyebabkan upacara Hadiah Nobel menyesuaikan bentuk organisasinya selama 2 tahun berturut-turut, tetapi tidak dapat mengubah waktu untuk mengumumkan pemilik penghargaan bergengsi yang sangat dinanti. Upacara penyerahan hadiah di Stockholm (Swedia) tidak bisa berlangsung karena dampak pandemi Covid-19. Seperti yang diumumkan oleh Yayasan Nobel, para pemenang akan diberikan medali dan sertifikat prestasi di negara asal mereka.

10. Menutup Olimpiade Tokyo 2020, perpisahan dengan Olimpiade paling spesial dalam sejarah

10-su-kien-the-gioi-noi-bat-nam-2021-voh.com.vn-anh4
Olimpiade Tokyo 2020 – Olimpiade paling istimewa dalam sejarah.

Pada malam hari tanggal 8 Agustus, upacara penutupan Olimpiade Tokyo 2020 berlangsung di Stadion Nasional Jepang, secara resmi menutup Olimpiade paling spesial dalam sejarah setelah 17 hari kompetisi. Tema Upacara Penutupan Olimpiade 2020 adalah “Dunia yang Kita Bagikan”. Penyelenggara ingin mencerminkan semangat Olimpiade dan “mengungkapkan gagasan bahwa kita masing-masing hidup di dunia kita sendiri”. Program penutupan disederhanakan karena dampak dari wabah Covid-19. Jumlah peserta lebih sedikit karena banyak delegasi olahraga yang sudah pulang usai kompetisi selesai.

.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button