Parenting

3 kalimat untuk memahami usia tua

Temukan tiga ungkapan dari psikolog Carl Jung untuk memahami fase kehidupan manusia yang dikenal sebagai usia tua.

Arturo Leonardo

Berbicara tentang usia tua memang tidak mudah. Coba pikirkan, bagaimana mengasimilasi fase yang belum kita ketahui? Namun, hidup itu sendiri bijaksana dan kita tahu ini dengan sangat baik. Jadi dia menempatkan orang yang lebih tua di sekitar kita untuk memahami atau setidaknya berhubungan dengan prosesnya. Jika kita tidak cukup pintar untuk menangkap pesan, itu lain cerita.

Ketika kita masih anak-anak, atau mungkin orang muda, percakapan paling dekat yang kita miliki tentang usia tua adalah ketika orang tua kita memberi tahu kita, “Ingatlah bahwa ketika saya melihat Anda, saya telah melihat diri saya sendiri; dan saat Anda melihat saya, Anda akan melihat diri Anda sendiri.” Ambil! Ini cukup menjadi pelajaran bagi pertumbuhan kami. Juga karena kedekatan yang kita miliki dengan kakek-nenek, saudara yang sudah lanjut usia atau tetangga yang sudah lanjut usia.

Seiring berlalunya waktu, kita mulai bertanya-tanya apakah kita akan mencapai usia tua. “Bagaimana aku nanti? Apakah saya akan terus menjadi tampan? Apakah saya akan cantik? Dalam kasus saya, jawaban terakhir ini adalah ya, jadi saya tidak perlu khawatir.

Sebenarnya, dalam pengertian ini, akan menjadi latihan yang menarik untuk menganalisis tiga kalimat oleh psikolog Carl Gustav Jung tentang usia tua, mungkin salah satunya dapat membantu kita menghilangkan sarang laba-laba yang dapat dihasilkan oleh senja kehidupan:

1. Memberi makna pada penuaan

“Seorang manusia tidak akan menua sampai dia berusia 70 atau 80 tahun jika umur panjangnya tidak berarti bagi spesies yang dia miliki. Malam kehidupan juga harus memiliki makna tersendiri dan tidak bisa hanya menjadi pelengkap menyedihkan dari kehidupan pagi hari.”

Ayolah, jika itu terjadi karena harus terjadi, tidak gratis atau karena ingin mengganggu kita, yang sulit adalah menemukan makna pribadi, sebuah titik yang harus kita manfaatkan dari waktu kita.

Membaca: Bagaimana menunjukkan lebih banyak kesabaran dengan orang tua

2. Terimalah bahwa waktu telah berlalu

“Tidak ada yang lebih konyol dan tidak pantas daripada orang tua yang hidup seolah-olah mereka masih muda, karena mereka kehilangan semua martabat mereka. Satu-satunya hak istimewa usia seharusnya adalah kesempatan untuk introspeksi. Semuanya terungkap dalam pengetahuan diri, siapa Anda, apa yang Anda inginkan dan mengapa Anda hidup”.

Yang ini kuat dan mungkin agak kasar! Tapi Jung berbicara tentang pentingnya menerima diri sendiri sepenuhnya. Berapa banyak yang Anda kenal yang tampaknya telah bertahan pada usia atau waktu hidup tertentu?

Membaca: 4 Pelajaran Berharga untuk Mengatasi Rasa Takut Menjadi Tua

3. Berkat bertambahnya usia

“Keistimewaan hidup adalah menjadi diri Anda yang sebenarnya.”

Dan itu membutuhkan waktu, waktu yang lama. Banyak orang hebat belum melakukan sesuatu yang luar biasa sebelum usia lima puluhan, dan ketika mereka melihat kembali kehidupan mereka, mereka menyadari bahwa semua masa muda dan kedewasaan mereka tidak lebih dari tahap persiapan.

Usia tua bukanlah waktu untuk menjadi usang, tetapi untuk menuai hasil dari pencegahan, elaborasi, dan perencanaan seumur hidup. Bagaimana Anda menghabiskan waktu Anda hari ini akan menentukan seperti apa masa depan Anda dan seperti apa besok.

Membaca: Kunci Sukses Menua

Apakah salah satu dari frasa ini meninggalkan Anda dengan refleksi? Pernahkah Anda berhenti untuk memikirkan bagaimana Anda akan menghadapi fase kehidupan ini? Saya pikir satu-satunya hal yang dapat Anda harapkan adalah memiliki cukup waktu untuk mencari tahu.

Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Erika Strassburger, dari aslinya 3 frase untuk memahami waktu

Luangkan waktu sejenak untuk berbagi…

Arturo Leonardo

Oscar telah bekerja di beberapa media digital dan tertulis seperti Yahoo, MedioTiempo, Samsungfutbol dan sekarang bekerja di el Periódico Nuestro MX, menghadiri Universidad Nacional Autónoma de México.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button