Kesehatan

5 Kebiasaan Kerja yang Buruk, Bikin Kamu Cepat Sakit

Apakah Anda sering duduk lama saat berkonsentrasi, makan tidak teratur dan membawa pulang pekerjaan saat deadline sudah dekat? Kebiasaan kerja ini tampaknya menunjukkan dedikasi yang antusias kepada atasan Anda, tetapi itu juga berarti “menganiaya” tubuh Anda sendiri, ini adalah kebiasaan kerja yang buruk.

Sikap pekerja keras dapat membantu mempromosikan dan memajukan karir Anda, tetapi juga disertai dengan beberapa risiko kesehatan. Mari kita lihat apakah Anda memiliki kebiasaan berbahaya di tempat kerja yang dapat membuat Anda jatuh sakit!

Gampang marah

Anda merasa marah dengan penilaian negatif atau solusi yang tidak memadai dari atasan Anda, tetapi Anda mencoba menahan diri karena takut dipecat. Pada saat-saat seperti ini, penting untuk belajar bagaimana menghadapi kemarahan ini dengan cara yang sehat. Banyak karyawan yang tidak tahu apa yang harus dilakukan dengan perasaan kecewa, sejak saat itu mereka hanya menyimpan perasaan negatif ini di hati mereka dan melampiaskannya kepada keluarga mereka ketika mereka kembali ke rumah.

Penelitian telah menunjukkan bahwa kemarahan yang tidak terkendali dapat menyebabkan serangan jantung dan meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Jadi, apa yang harus Anda lakukan untuk mengatasi kemarahan di tempat kerja?

Jika memungkinkan, menjauhlah dari meja Anda dan berjalan-jalan. Selain itu, Anda juga harus berolahraga dan bersantai. Ini akan membantu Anda menenangkan diri dan menghindari mengatakan hal-hal yang tidak seharusnya Anda katakan kepada atasan yang mungkin akan Anda sesali nanti.

Makan tidak sehat

Di sekitar tempat kerja selalu ada banyak toko dengan banyak hidangan lezat yang sepertinya tidak bisa Anda tolak. Banyak orang bahkan memiliki kebiasaan ngemil di pagi atau sore hari di samping makanan utama.

Pola makan yang kurang nutrisi akan sangat mempengaruhi kesehatan Anda. Penyakit kardiovaskular, diabetes tipe 2, osteoporosis dan obesitas adalah beberapa penyakit umum yang bisa Anda dapatkan dari kebiasaan makan Anda.

Jadi, rencanakan camilan Anda di kantor dan katakan “tidak” pada makanan tinggi gula.

Kurang tidur

Kesibukan kerja membuat Anda ingin segera tidur begitu sampai di rumah. Namun, tidak semua orang memiliki cukup waktu untuk menikmati tidur nyenyak dan nyenyak. Terkadang, kita harus begadang semalaman untuk menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Kebiasaan buruk ini benar-benar berdampak besar bagi kesehatan Anda.

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang kurang tidur sering menderita sejumlah masalah kesehatan. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas tidur erat kaitannya dengan kesehatan kita. Tidur sangat penting bagi tubuh Anda untuk memulihkan dan menyembuhkan dirinya sendiri setelah hari yang menegangkan di tempat kerja.

Kebiasaan tidur kurang dari 6 jam selama beberapa hari berturut-turut akan meningkatkan tekanan darah Anda, yang juga merupakan salah satu akibat jangka panjang dari insomnia. Tidak hanya itu, Anda juga lebih mungkin terkena diabetes dan meningkatkan risiko kematian.

Anda perlu menguraikan dengan jelas rencana kerja yang masuk akal seperti membagi pekerjaan dan menentukan tenggat waktu penyelesaian terlebih dahulu. Membatasi kasus bekerja cepat untuk memenuhi tenggat waktu, menyebabkan kurang tidur.

5 Kebiasaan Kerja yang Buruk, Bikin Kamu Cepat Sakit - man in yellow dress shirt sitting on chair in front of laptop computer
5 Kebiasaan Kerja yang Buruk, Bikin Kamu Cepat Sakit – Photo by Nguyen Dang Hoang Nhu on Unsplash

Bawa pekerjaan ke rumah

Tidak selalu mungkin untuk menyelesaikan beban kerja besar Anda di tempat kerja sepanjang hari. Jadi membawa pulang pekerjaan untuk terus bekerja sudah menjadi hal yang lumrah, bahkan menjadi kebiasaan banyak orang. Pekerjaan selalu membuat Anda merasa lelah, stres dan tidak bisa menikmati hidup Anda sendiri dengan nyaman.

Sebuah studi oleh American Psychological Association menemukan bahwa dua penyebab umum stres adalah pekerjaan dan uang. Kebiasaan membawa pulang tekanan kerja dapat mempengaruhi kesehatan Anda dan menyebabkan beberapa masalah serius seperti penyakit jantung.

Beristirahatlah dari pekerjaan setelah bekerja dan habiskan waktu bersantai di rumah. Tubuh dan pikiran Anda perlu rileks dan rileks sehingga Anda dapat pulih dari stres dan tekanan sepanjang minggu kerja.

Duduk di meja terlalu lama

Banyak pekerja kantoran sering duduk di meja mereka terlalu lama, membahayakan kesehatan fisik dan mental. Banyak orang bahkan memiliki kebiasaan makan siang di meja mereka, berpacu melalui rapat mendesak dan menyelesaikan segala sesuatu di meja.

Kebiasaan duduk lama di meja kerja, bahkan saat istirahat makan siang, dapat membuat Anda berisiko mengalami pembekuan darah dan membahayakan nyawa Anda. Tak hanya itu, kebiasaan duduk jangka panjang juga dapat meningkatkan risiko diabetes.

Terkadang Anda bisa bergerak di tempat untuk merasa rileks. Selain itu, Anda harus berjalan-jalan sedikit sesekali daripada mencoba duduk di tempat kerja sepanjang hari.

Yuk mulai kendalikan tekanan kerja agar tidak terjerumus ke dalam kebiasaan kerja yang buruk. Selain itu, Anda juga harus membentuk beberapa kebiasaan sehat di tempat kerja, seperti rutin bangun untuk jalan-jalan, berolahraga, dan mengonsumsi makanan ringan yang sehat. Kebiasaan baik ini akan meningkatkan kesehatan Anda secara signifikan.

Semoga artikel tentang 5 Kebiasaan Kerja yang Buruk, Bikin Kamu Cepat Sakit ini bermanfaat. Jangan lupa bookmark, like & share, juga ikuti Kitiran Media di Facebook, untuk mendapatkan informasi bermanfaat seputar kita.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button