Bisnis & Manajemen

6 Cara Memulai Usaha Jasa Kurir berikut perhitungan modal

Semakin banyak orang berbelanja online, semakin banyak punya jasa kurir yang digunakan untuk mengirimkan barang belanjaan agar sampai di tangan si pembeli. Yuk simak 6 Cara Memulai Usaha Jasa Kurir untuk buka peluang baru.

Peluang ini bisa kamu gunakan untuk membuka usaha jasa kurir. Jadi, kamu bisa mengambil keuntungan dari fenomena maraknya orang-orang belanja online. Dengan menggunakan strategi yang tepat dan memilih perusahaan jasa kurir yang bagus, kesempatan kamu mendapatkan penghasilan besar bisa terbuka lebar.

Berikut ini adalah informasi tentang strategi memulai bisnis jasa kurir dan daftar perusahaan pengiriman serta layanannya yang bisa kamu pilih.

Strategi memulai usaha jasa kurir

Sudah lumrah kalau kamu mau melakukan sesuatu harus mengikuti cara-caranya, termasuk membuka usaha jasa kurir atau pengiriman. Cara-cara tersebut mencakup hal-hal apa saja yang perlu kamu siapkan dari modal hingga mencari lokasi usaha jasa kurir.

1. Estimasi modal usaha jasa kurir

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan modal merincinya untuk beberapa kebutuhan. 

Modal adalah hal yang penting untuk membuka usaha jasa kurir. Kalau kamu bingung, tenang saja, karena Lifepal sudah punya contoh estimasi biaya membuka usaha jasa kurir atau pengiriman. 

Biaya investasi

  1. Sewa lokasi usaha Rp10 juta
  2. Pembelian alat transportasi mobil dan sepeda motor Rp100 juta
  3. Pembelian timbangan Rp2 juta
  4. Belanja meja, kursi, rak Rp9 juta
  5. Peralatan dan perlengkapan Rp4 juta
  6. Pembuatan surat izin usaha pengiriman barang Rp1 juta

Jika dijumlahkan, estimasi biaya investasi atau modal awal usaha jasa kurir sebesar Rp126 juta.

Biaya operasional

  1. Upah pegawai untuk 2 orang masing-masing Rp1 juta jadi Rp2 juta
  2. Biaya internet, telepon, air, listrik Rp1 juta
  3. Biaya tak terduga Rp500 ribu

Total biaya operasional yang harus dikeluarkan untuk membangun usaha jasa kurir adalah sebesar Rp. 3,5 juta per bulan.

Omzet kotor usaha jasa pengiriman barang atau jasa kurir makanan bisa mencapai Rp 6 juta perbulan dari pendapatan jasa pengiriman barang di Pulau Jawa dan luar provinsi.

2. Tentukan lokasi usaha

Usaha jasa kurir memerlukan lokasi untuk menjalankan operasional apalagi menampung paket yang akan dikirim dan melayani pelanggan. 

Lokasi strategis yang banyak dilewati orang bisa dijadikan lokasi usaha jasa kurir.

3. Siapkan kendaraan pengantar paket

Agar paket sampai di tangan penerima, tentu saja dibutuhkan kendaraan. Jenis kendaraan tersebut bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan biaya yang tersedia.

Kamu juga perlu mempertimbangkan medan dan kondisi jalan daerah jangkauan usaha kurir, apakah jalannya berkelok atau berlubang. Dengan demikian, jenis kendaraan yang akan dipakai mudah ditentukan. 💡Kendaraan yang dipakai kurir harus dilindungi dengan produk asuransi motor agar terhindar dari risiko kerugian finansial saat berkendara. Beli di Lifepal lebih hemat hingga 25%!

Jangan lupa untuk mempertimbangkan beban paket yang di bawa, jika paketnya tidak banyak dan hanya barang-barang kecil, sepeda motor pun cukup untuk membawanya.

4. Tentukan jenis pelayanan pengiriman

Jenis pelayanan pengiriman paket yang beragam akan menarik banyak orang untuk menggunakan jasa kurir yang kamu sediakan. Biasanya, jika kamu menggunakan waralaba jasa kurir, mereka mempunyai jenis pelayanannya sendiri. 

Kamu bisa memilihnya dengan memperhatikan durasi pengiriman dan garansi serta pengiriman di hari yang sama atau 1 – 2 hari.

5. Tarif pengiriman paket

Tarif pengiriman biasanya sudah ditentukan perusahaan waralaba jasa pengiriman atau kerja sama jasa kurir. Besarnya tarif tersebut sudah pasti ditentukan berdasarkan jenis pengiriman, lamanya pengiriman dan berat paket yang dikirim. Selain itu, pikirkan juga sistem jasa kurir yang akan kamu jalankan.

6. Promosi

Agar usaha jasa kurir kamu banyak dipakai orang, lakukanlah promosi dari mulai menyebar brosur hingga memanfaatkan media sosial. Kalau sudah begitu, bukan tidak mungkin usaha jasa kurir punya kamu bakal banyak dikenal orang.

6 Cara Memulai Usaha Jasa Kurir - a man receiving his order
6 Cara Memulai Usaha Jasa Kurir – Kitiran Media – Photo by Kampus Production on Pexels.com

Daftar perusahaan jasa kurir di Indonesia dan jenis pelayanannya

Nah, buat kamu yang bingung perusahaan mana saja yang menyediakan jasa antar barang dan kamu berniat membuka usaha waralaba dengan perusahaan tersebut, Lifepal punya daftarnya plus jenis pelayanan yang mereka sediakan. 

JNE

JNE melayani kiriman dokumen dan paket yang dikirim kurir JNE dengan 1,500 titik pelayanan yang tersebar di penjuru Indonesia. JNE punya jenis layanannya sendiri untuk dapat memenuhi kebutuhan pelanggan, yaitu:

  1. Super Speed (SS)

Estimasi pengiriman Super Speed yaitu tidak lebih dari 24 jam dengan menyediakan pengembalian ongkos kirim jika tidak sesuai perjanjian.

  1. YES (Yakin Esok Sampai)

Layanan YES memastikan paket sampai di tujuan keesokan harinya, termasuk untuk hari libur nasional dan juga hari Minggu dengan syarat penyampaian paket tidak boleh lebih dari jam 12.00 siang.

  1. REG (Reguler)

Perkiraan waktu pengiriman paket antara 1-7 hari kerja tergantung tujuan dan layanan ini membuka jangkauan ke seluruh wilayah Indonesia.

  1. JNE Trucking (JTR)

JNE Trucking (JTR) adalah layanan untuk mengirimkan barang yang besar atau berat sehingga lebih ekonomis dan praktis. 

J&T Express

J&T Express mempunyai 100 gateway centers, 4,000 titik operasi, 30,000 tenaga kerja dan ribuan armada yang mendukung yang memiliki layanan pengiriman barang yang menghubungkan antar pulau di Indonesia serta memiliki customer service 24 jam. Layanan yang Ditawarkan J&T adalah:

  1. Regular/EZ

Produk Regular/ EZ dimana waktu yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan dapat mencapai 2-3 hari tergantung dari tujuan pengiriman ke semua tujuan pengiriman loh, tak terkecuali daerah terkecil sekalipun

  1. J&T ECO

Produk ini menawarkan pengiriman antar pulau mulai dari pulau Jawa hingga ke pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan kepulauan Bali. Dengan estimasi pengiriman 5-15 hari, produk ini membantu pengiriman antar pulau dengan cara yang mudah

  1. J&T Super

J&T Super adalah salah satu layanan tercepat dari J&T dengan cakupan pengiriman daerah Jabodetabek. Jika pengirim melakukan drop paket sebelum jam 10.00 pagi di kantor cabang, maka kurir J&T akan membawa barang sampai pada tujuan di hari itu juga.

TIKI

TIKI beroperasi di Indonesia sejak 1970 dan memiliki jangkauan ke berbagai penjuru di Indonesia dengan 450 kantor cabang dan ribuan gerai. Layanan yang ada di TIKI antara lain:

  1. ECO (Economy Service)

TIKI ECO merupakan paket super hemat bagi pelanggan untuk dapat mengirimkan barang dengan ongkos yang lebih murah.

  1. REG (Regular Service)

REG merupakan layanan dengan pengiriman 3-4 hari dengan tariff sesuai dengan estimasi waktunya.

  1. TDS (Two Day Service)

TIKI menyediakan layanan TDS (Two Days Service) bagi pelanggan yang yang membutuhkan pengiriman lebih cepat. Layanan ini hanya memakan waktu 2 hari untuk sampai ke tujuan

  1. ONS (Over Night Service)

ONS adalah pengiriman satu hari sampai pada tujuan dengan estimasi waktu tiba sesuai dengan barang di drop pada kantor cabang. Jika barang di drop pada jam 14.00 maka barang akan sampai keesokan harinya antara pukul 13.00 – 14.00.

  1. HDS (Holiday Delivery Service)

HDS adalah pengiriman pada hari libur.

  1. SDS (Same Day Service)

SDS dapat membantu pengiriman sampai di hari yang sama di mana pengiriman paket di kantor cabang dilakukan sebelum jam 15.00.

  1. TRC (Trucking Service)

Apabila pelanggan membutuhkan jasa pengiriman paket yang berat atau besar melebihi 10 kg, maka TRC dari TIKI dapat digunakan.

Wahana Logistik

Wahana fokus memberikan jasa pengiriman barang dengan ongkos kirim rendah. Wahan mempunyai 3,500 mitra agen, 2,500 karyawan serta 35 kantor cabang yang tersebar di Indonesia. 

Wahana focus pada satu pelayanan yaitu Domestik Express untuk melayani pengiriman transaksi dari e-commerce. Harga layanan ini termasuk ekonomis untuk mengirimkan paket ke seluruh Indonesia.

POS Indonesia

Pos Indonesia saat ini mempunyai lebih dari 58,700 titik dengan jangkauan yang sangat luas untuk pengiriman hingga ke pelosok Indonesia. Layanan yang dimiliki Pos Indonesia kian berkembang dan beragam, di antaranya: 

  1. Kurir Reguler

Kurir Regular mempunyai maksimum waktu pengiriman 14 hari dengan jaringan terluas di Indonesia.

  1. Pos Express

Layanan ini termasuk jenis premium dengan estimasi pengiriman barang 1 hari ke seluruh kota dan provinsi  di Indonesia.

  1. Pos Kilat Khusus

Sesuai namanya, pengiriman untuk Kilat Khusus cepat dan aman dengan waktu pengiriman maksimum 2-7 hari.

  1. Pos Jumbo Ekonomi

Layanan ini cocok untuk mengirim paket atau barang dengan berat 3-30 Kg dengan maksimum waktu pengiriman 14 hari ke seluruh penjuru Indonesia.

  1. Q9 Sameday Service

Khusus untuk online shop, Pos Indonesia memberikan jasa pengiriman 9 jam dengan maksimum waktu pengiriman jam 16:00 waktu setempat dalam kota di pulau Jawa dan Ibu kota Propinsi di luar Jawa.

  1. QComm

QComm menyediakan fasilitas booking online yang memudahkan pemilik bisnis online untuk memastikan bahwa barang diterima pelanggannya tepat waktu. Layanan ini dapat diakses di kota-kota di pulau Jawa dengan berat maksimum paket dibawah 5 Kg.

SiCepat

SiCepat adalah jasa ekspedisi pengantar barang melalui transportasi darat dan udara yang berdiri tahun 2004 dan baru melayani daerah Jabodetabek dan kota-kota besar saja. Produk layanan SiCepat:

  1. Regular

Sicepat memberikan estimasi waktu pengiriman 15 jam sampai melalui layanan ini dengan ongkos kirim murah untuk wilayah Jabodetabek dan Bandung

  1. BEST (Besok Sampai Tujuan)

Layanan ini hanya berlaku di kota-kota besar di seluruh Indonesia dengan waktu pengiriman 1 hari sampai di tujuan

  1. Cargo

Pengiriman untuk paket dengan berat minimum paket 5 Kg dan membantu konsumen untuk bisa menghemat hingga 30% untuk waktu estimasi pengiriman 1-3 hari.Setelah berusaha meraup penghasilan sebanyak-banyaknya, amankan juga keuanganmu dengan produk asuransi kesehatan terbaik. Premi asuransi kesehatan gak mahal karena bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan.

Lion Parcel

Lion Parcel adalah bagian dari Lion Group yang menyediakan layanan kiriman domestik dan internasional yang berdiri sejak 14 Februari 2013. Lion Parcel mempunyai 3,500 mitra di seluruh penjuru Indonesia dengan berbagai layanan seperti:

  1. RegPack

Layanan ini adalah paket reguler lion parcel dengan pengiriman ke seluruh Indonesia dan sampai dalam waktu 2-3 hari.

  1. OnePack

Produk OnePack adalah layanan kirim paket besok sampai atau 1 hari pengiriman dengan garansi uang kembali jika barang tidak sampai tepat waktu.

  1. LandPack

Pengiriman layanan jenis ini dilakukan melalui jalur darat atau via trucking yang mana lebih ekonomis dan estimasi pengirimannya bisa 4-6 hari sampai di tujuan.

Ninja Express

Ninja Express memulai operasinya di Singapura pada tahun 2014 dengan nama Ninja Van. Kini perusahaan tersebut memiliki jaringan yang tersebar di negara-negara di Asia Tenggara termasuk Indonesia dengan layanan Ninja Reguler dengan pengiriman 1-3 hari tergantung dari jarak pengiriman. Selain itu ada Ninja Next Day di mana paket bisa sampai di esok hari

Anteraja

Anteraja membuka layanan pengiriman barang ke kota-kota besar di Indonesia dengan mengedepankan nilai SATRIA (Sigap, Aman, Terpercaya, Ramah, Integritas, dan Amanah) untuk memastikan pengiriman yang terjamin untuk konsumen. Layanan yang disediakan Anteraja adalah:

  1. Next Day

Waktu pengiriman layanan Next Day adalah 1 hari dengan tarif sebesar Rp 13,000/kg untuk wilayah Jabodetabek

  1. Regular

Pengiriman Regular Anteraja memakan waktu 1-2 hari sampai di daerah Jabodetabek dengan harga Rp 10,000/kg.

  1. Same day

Layanan ini mengirimkan barang dengan harga mulai dari Rp 13.500 dan barang kiriman sampai pada hari itu juga.

Tertarik membuka jasa kurir untuk berbisnis? Kalau iya, cobalah ikuti cara-cara di atas sebagai referensi. Jika kamu mau bekerja sama dengan perusahaan jasa pengiriman di Indonesia, kamu juga bisa melihat daftar perusahaan mana saja yang akan kamu manfaatkan. Perusahaan-perusahaan tersebut juga menyediakan usaha waralaba, jadi kamu bakal dimudahkan.

Pentingnya asuransi motor untuk kendaraan yang dipakai kurir

Sepeda motor merupakan aset penting jika kamu bekerja sebagai kurir. Apalagi pekerjaan kurir mengharuskan melakukan mobilitas yang tinggi. Untuk itu, ketika memutuskan membuka usaha jasa kurir, sebaiknya kamu mempertimbangkan melindungi kendaraan yang dipakai oleh para kurir dengan asuransi motor.

Asuransi motor adalah produk asuransi untuk sepeda motor dengan manfaat ganti rugi jika terjadi kehilangan atau kerusakan. Biasanya, manfaat pertanggungan populer adalah TLO (total loss only), meski tersedia pula manfaat all risk.

Selain memberikan perlindungan dan rasa aman, manfaat yang bisa kamu dapatkan dari asuransi kendaraan adalah pengurangan pengeluaran biaya tak terduga ketika mengendarai kendaraan saat bekerja. 

Temukan asuransi motor terbaik yang melindungi kamu dari risiko pekerjaan menggunakan kendaraan roda dua di Lifepal. Sebagai broker asuransi terdepan di Indonesia, Lifepal akan memberikan kemudahan untuk membeli dan memilih asuransi  yang tepat sesuai dengan kebutuhan. 

Lifepal menyediakan proteksi dari beberapa perusahaan asuransi kendaraan ternama.Selain itu, terdapat pula asuransi untuk beberapa merek motor, seperti Honda, dan Yamaha. 

Begitupun kalau kamu memakai kendaraan roda empat, maka sangat penting untuk memproteksinya dengan asuransi mobil.

Kalau kamu punya pertanyaan terkait tips mengelola bisnis dan usaha sekaligus mendapatkan rekomendasi kepada berbagai produk asuransi yang ada di Indonesia, konsultasikan saja di Tanya Lifepal!

Pengertian dan Manfaat Backlink
Kabar gembira dari KitiranMedia, sekarang Anda bisa mengirim artikel disertai backlink usaha Anda secara gratis. Ikuti panduannya dengan klik banner ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button