Motivasi

8 tips untuk menjadi orang yang lebih percaya diri

Pakar memberikan tips bagaimana menjadi lebih percaya diri dan menunjukkan mengapa pilihan yang kita buat menentukan penempatan diri kita di bawah atau di atas.

Ketika kita melihat ke samping atau melihat kehidupan teman dan keluarga di media sosial, terkadang kita membuat perbandingan dan merasa dikecilkan. Apakah hidup kita sebaik orang lain, dan sukses?

“Membuat perbandingan dan mencari validasi di luar diri kita adalah resep untuk merasa benar-benar buruk. Akar kepercayaan adalah mengetahui dan menerima diri Anda apa adanya,” tulis pelatih Susie Moore dalam sebuah artikel untuk Greatist. Moore memberikan beberapa tip bagi mereka yang ingin menjadi orang yang lebih percaya diri – lihat beberapa tips di bawah ini.

Membuat sebuah keputusan

Karena tidak ada formula ajaib, putuskan bahwa Anda adalah orang yang percaya diri. Ini akan menstimulasi banyak hal. “Bahkan jika Anda merasa itu tidak benar, itu adalah tanggung jawab Anda untuk menjadi orang yang percaya diri. Tidak ada yang bisa melakukan itu untuk Anda,” kata Susie.

Ganti bahasa

Pernahkah Anda memperhatikan bahwa orang yang percaya diri tidak mengatakan “Saya tidak bisa melakukan ini” atau “Saya tidak pandai dalam hal ini”? Begitulah. Cara kita berbicara membuat semua perbedaan. Bahasa yang lebih kuat, menggunakan kata-kata seperti “Saya suka”, “Saya bersedia” dan “Saya bisa” memengaruhi suasana hati kita, kepercayaan diri kita, dan cara orang mengevaluasi kita. Bahasa tubuh juga, jadi isi ruang Anda dengan kata-kaya yang baik dengan duduk tegap, memberi isyarat dan mempertahankan posisi tegas.

Merangkul ketidakamanan

Satu hal yang pasti: setiap orang, tidak peduli seberapa sukses mereka tampaknya, memiliki rasa tidak aman dan pikiran negatif. Perbedaannya adalah orang yang percaya diri tidak membiarkan ketidakpastian dan keraguan mendorong keputusan mereka. Mengapa tidak melakukan hal yang sama?

Menjadi iri

Anda tahu orang yang membuat Anda iri? Bagaimana dengan menukar perasaan negatif itu dengan perasaan positif lainnya, yaitu inspirasi?  Jika seseorang menempati posisi yang Anda impikan, bayangkan apa yang bisa Anda lakukan untuk mencapainya. “Ketika Anda fokus pada apa yang dapat Anda kendalikan, tingkat kepercayaan diri Anda meningkat pesat,” kata Susie.

woman standing in front of whiteboard - 8 tips untuk menjadi orang yang lebih percaya diri
8 tips untuk menjadi orang yang lebih percaya diri – Kitiran Media – Photo by Christina Morillo on Pexels.com

Tuliskan pujiannya

Ketika seseorang memuji Anda, secara langsung atau di media sosial, tulislah. Mungkin terdengar sedikit aneh, tapi Susie menjelaskan bahwa kita mudah terbawa oleh hal-hal negatif ketika kita mendapat komentar negatif, jadi kita harus selalu mengingat hal-hal positifnya. Buat file yang berisi kumpulan pujian untuk diri Anda tersebut dan periksa ketika suasana hati Anda sedang buruk.

Lebih banyak tertawa

Tertawa selalu merupakan obat yang baik untuk meredakan kekhawatiran dan kecemasan kita. “Ketika Anda sampai pada titik di mana Anda tertawa ketika ada yang salah, semuanya menjadi lebih mudah. ​​Anda rileks dan membuka diri untuk menarik lebih banyak kegembiraan,” jelas Susie.

Menjadi Anda

Alih-alih mencoba memenuhi harapan orang lain, jadilah sesuatu yang dapat Anda kendalikan, yaitu siapa Anda sebenarnya, dengan memanfaatkan kekuatan Anda sendiri. “Menjadi diri sendiri berarti merasa terinspirasi, bertindak berdasarkan naluri Anda, dan membuat keputusan dari tempat yang selaras dan menyenangkan daripada ketakutan dan perbandingan eksternal,” kata Susie. “Apakah Anda bergerak dengan kekuatan batin? Intuisi Anda adalah penasihat terbesar Anda, dan sumber kepercayaan diri yang besar,” jelasnya.

Punya tujuan

Apakah Anda sudah tahu apa yang memotivasi Anda untuk menjadi orang yang lebih baik? Jadi renungkan ini dan tentukan apa tujuan hidup Anda. Bagaimanapun, mengetahui mengapa Anda melakukan apa yang Anda lakukan membawa kepercayaan diri yang luar biasa.

Pengertian dan Manfaat Backlink
Kabar gembira dari KitiranMedia, sekarang Anda bisa mengirim artikel disertai backlink usaha Anda secara gratis. Ikuti panduannya dengan klik banner ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button