Travel

Apa yang harus dipertimbangkan saat bepergian dengan mobil bersama anak-anak?

Untuk sepertiga, atau 34% populasi Latvia, faktor penting saat bepergian dengan anak-anak adalah biaya transportasi yang lebih rendah, menurut survei yang dilakukan oleh AAS BALTA (grup PZU) pada musim semi*. Oleh karena itu, salah satu kendaraan paling nyaman untuk keluarga yang memberikan keleluasaan dan kemampuan untuk mengubah rencana perjalanan kapan saja adalah mobil. Penanggung mengingatkan bahwa saat bepergian dengan mobil bersama anak-anak, sangat penting untuk memastikan bahwa penumpang kecil tidak kepanasan dan minum air yang cukup, tetapi pada saat yang sama, orang tua harus mencurahkan banyak energi untuk mempersiapkan perjalanan sehingga anak menganggap perjalanan itu mengasyikkan dan seluruh keluarga menikmati petualangan bersama.

Penting untuk membentuk pergaulan yang menyenangkan

Psikolog Natalija Dauberga menekankan bahwa perjalanan yang lebih lama dengan seorang anak di dalam mobil dapat menjadi ujian, karena anak-anak tidak sesabar orang dewasa: “Orang tua harus memperhitungkan perbedaan antara seorang anak dan orang dewasa dan mengantisipasi kemungkinan kesulitan dan torehan. Ada anak-anak yang tidak mau mengemudi. Masalah seperti itu sangat individual dan terkait dengan usia anak, karakteristik temperamen dan alasan lain, misalnya trauma akibat kecelakaan yang dialami di masa lalu. Bergantung pada alasan dan usia anak, pendekatannya akan berbeda di setiap situasi. Anda dapat mencoba berbicara dengan anak yang lebih besar, bermain game tentang mengendarai mobil, atau berkonsultasi dengan spesialis. Di sisi lain, jika ini adalah pengalaman perjalanan pertama anak, disarankan untuk memikirkan bagaimana membuatnya senyaman mungkin. Misalnya, Anda dapat melihatnya seperti hari pertama di taman kanak-kanak – pada awalnya, anak tinggal di sana untuk waktu yang lebih singkat, bukan sehari penuh, dan kemudian secara bertahap terbiasa tinggal lebih lama. Hal yang sama bisa dilakukan dengan mengendarai mobil. Juga sangat penting untuk memastikan bahwa ada sesuatu di dalam mobil yang sangat disukai anak dan hanya tersedia di sana, misalnya mainan atau permainan khusus.”

Apa yang harus dilakukan jika anak masih mulai rewel atau tidak mau melanjutkan perjalanan? Psikolog mengatakan bahwa setiap orang tua paling mengenal anaknya dan tahu sampai batas mana anak boleh bermain-main. Orang tua harus selalu menjadi orang yang menetapkan batasan dan mematuhinya, baik itu saat mengendarai mobil atau situasi lain dalam hidup. Namun, pada saat yang sama, seseorang harus memahami alasan omelan: jika ada sesuatu yang menyakiti anak, seseorang harus bertindak berbeda dibandingkan jika anak hanya menguji kesabaran orang tua dengan perilakunya.

Ya atau tidak ke perangkat pintar saat mengemudi?

Beberapa orang tua mencoba menghibur anaknya dengan perangkat pintar. Kebiasaan setiap keluarga harus diperhitungkan di sini: di beberapa keluarga perangkat pintar tidak ditawarkan kepada anak selama mungkin, di keluarga lain ada sikap yang lebih santai. Namun, bagaimanapun juga, Anda harus menghormati jumlah waktu yang dapat dihabiskan si kecil di depan layar pada setiap usia tertentu. Jika keluarga melakukan perjalanan yang relatif singkat setiap hari, misalnya 20 menit, dan anak terbiasa menggunakan tablet di jalan, perjalanan 4 jam bisa menjadi tantangan besar. Oleh karena itu, perlu diciptakan minat tidak hanya pada perangkat pintar. Bisa berupa permainan kata atau musik yang disukai si kecil; seorang anak yang lebih besar dapat diberi berbagai tugas, belajar untuk tertarik pada dunia di sekitarnya.

“Bagaimanapun, orang tua tidak boleh menghargai harapan bahwa semuanya akan berjalan lancar – mereka harus mempersiapkan skenario yang berbeda sehingga stres berkurang jika sesuatu benar-benar tidak berjalan sesuai rencana. Kemampuan orang dewasa untuk tetap tenang adalah kunci perjalanan yang sukses – dengan pikiran jernih, kita dapat lebih beradaptasi dengan situasi dan menggunakan kreativitas spontan,” kenang Natalija Dauberg.

Saat bepergian dengan mobil Anda, keselamatan harus dijaga sama seperti perjalanan lainnya

Menurut statistik BALTA, paling sering keluarga dengan anak-anak bepergian ke negara-negara Uni Eropa terdekat – tujuan populer adalah Lituania, Estonia, Polandia, Slovakia, Republik Ceko, Jerman, di mana Anda dapat dengan mudah dan relatif cepat mencapainya dengan mobil. Destinasi populer juga berbagai tempat wisata di sini di Latvia.

Menurut survei BALTA yang dilakukan musim semi ini, kriteria yang menentukan saat bepergian dengan anak-anak bagi 49% penduduk Latvia adalah kesempatan untuk menikmati beragam kegiatan hiburan dan pendidikan untuk seluruh keluarga – mengunjungi kolam renang, kebun binatang, museum, pantai, dll.

“Ketika seluruh keluarga melakukan perjalanan bersama, rute harus dirancang sedemikian rupa sehingga semua orang dapat menikmati perjalanan tersebut. Tentu saja, saat bepergian dengan anak-anak, Anda harus mengharapkan istirahat yang lebih sering untuk meregangkan tubuh dan bergerak, dan Anda juga harus menjaga akomodasi dan makanan yang memadai. Namun, pada saat yang sama, perhatian lebih juga harus diberikan pada keselamatan. Anak-anak yang lebih kecil belum tahu bagaimana menilai situasi dan memutuskan kapan mereka terlalu dingin atau terlalu panas, kapan mereka perlu minum, atau apakah tangan mereka cukup bersih, tetapi detail seperti inilah yang ternyata sangat penting untuk perjalanan yang menyenangkan. Pada tahun 2021 dan 2022, sekitar 70% klaim terkait anak dan perjalanan terkait dengan berbagai masalah kesehatan. Seperti yang ditunjukkan oleh pengalaman BALTA, sebagian besar masalah kesehatan yang terjadi pada anak-anak dalam perjalanan terkait dengan perubahan iklim, pengoperasian AC, dan makanan yang tidak biasa,” kata Ludmila Shchegoleva, Kepala Produk Pribadi dan penjamin risiko BALTA.

Saat merencanakan perjalanan yang lebih dekat dan lebih jauh, pakar BALTA merekomendasikan agar keluarga memikirkan asuransi perjalanan terlebih dahulu, yang dapat memberikan dukungan yang signifikan dalam situasi yang tidak terduga. Kompensasi rata-rata untuk kemalangan yang menimpa pelancong kecil berfluktuasi sekitar 400 euro dalam beberapa tahun terakhir.

Menurut data survei, setiap kesepuluh responden mengaku tidak pernah ikut asuransi, bahkan ada orang tua yang mengasuransikan diri sendiri atau anaknya saja. BALTA mengingatkan bahwa biaya bantuan medis dan repatriasi bisa sangat tinggi, dari beberapa ratus bahkan hingga puluhan ribu euro, jadi asuransi adalah dukungan yang baik.

Tidak peduli berapa banyak yang Anda inginkan, tidak mungkin untuk melindungi anak Anda dalam semua situasi, tetapi dengan merencanakan perjalanan Anda dengan hati-hati dan mengetahui apa yang harus dilakukan selama perjalanan, Anda dapat menghindari situasi yang tidak menyenangkan dan membuat perjalanan Anda menjadi kumpul-kumpul keluarga yang hebat dan istirahat emosional.

Tips yang perlu diperhatikan saat bepergian dengan mobil bersama anak-anak

  • Mobil harus dilengkapi dengan kursi anak khusus sesuai usia.
  • Penting agar AC di dalam mobil berfungsi, yang sangat penting dalam cuaca panas.
  • Harus ada air minum yang cukup di dalam mobil dan harus diperhatikan agar anak cukup sering minum, terutama jika tujuannya adalah negara-negara selatan di mana matahari terik secara menyeluruh.
  • Produk makanan harus diangkut dalam suhu yang sesuai untuk penyimpanan (misalnya dalam pendingin) agar masalah perut tidak merusak perjalanan.
  • Anda harus menjaga kenyamanan tidur selama perjalanan – Anda harus membawa selimut, bantal, dll untuk anak.
  • Rute harus direncanakan dengan perhentian reguler, sebaiknya di mana anak juga akan rileks secara emosional. Jika perjalanannya panjang, Anda harus memikirkan akomodasi terlebih dahulu.
  • Dianjurkan untuk berhenti secara teratur untuk meregangkan tubuh, bergerak, dan menghirup udara segar. Namun, jangan biarkan anak berlari di sepanjang jalan raya atau di tempat parkir! Ikuti juga peraturan lalu lintas di tujuan perjalanan Anda.
  • Kebersihan itu penting – pembersih tangan dan serbet harus dalam jumlah yang cukup di dalam mesin.
  • Banyak anak-anak yang sakit di dalam kendaraan, sehingga produk antimual seperti tablet jahe atau permen harus disediakan. Anak yang mual harus duduk di kursi depan mobil dan menghindari membaca atau melihat smartphone.
  • Disarankan untuk membeli asuransi kendaraan yang mencakup bantuan pinggir jalan, karena jika terjadi kecelakaan atau gangguan teknis, bantuan tersebut juga mencakup pengangkutan penumpang ke hotel terdekat.

*Survei dilakukan oleh Norstat Pada Maret 2023, dengan mensurvei 1.007 penduduk Latvia berusia 18-74 tahun.

Terima kasih sudah membaca artikel tentang Apa yang harus dipertimbangkan saat bepergian dengan mobil bersama anak-anak?
. lihat artikel menarik lainnya disni Dan bagikan jika artikel ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button