Kecantikan

Apa yang membuat tubuh terasa kering dan bagaimana mengatasi panas ini?

tubuh terasa kering

Jika kulit terlalu kering, selaput lendir sering kering. Seperti itulah kasusnya sumuk dapat menyebabkan ketidaknyamanan, yang lebih umum di musim dingin, dan masalah kesehatan yang lebih serius. Sebaliknya, kulit kering dan selaput lendir bisa menjadi gejala atau efek samping dari suatu penyakit. “Namun, kekeringan pada kulit dan selaput lendir juga merupakan akibat dari asupan air yang tidak mencukupi dan perubahan terkait usia dalam tubuh,” kenang rika Pēterson, seorang apoteker di Mēness aptiekas.

Mulut kering

Kekeringan di mulut dapat disebabkan oleh penuaan alami dan obat atau penyakit yang digunakan (misalnya, sindrom Segreg, yang mencegah kelenjar ludah memproduksi air liur yang cukup untuk melembabkan mukosa mulut). Mulut kering dapat menyebabkan sejumlah masalah – bisul, peningkatan kerusakan gigi. Enzim dalam air liur membantu pencernaan. Dokter Anda akan mendiagnosis akar masalahnya, dan apoteker Anda mungkin dapat menyarankan obat-obatan, obat tetes, atau obat kumur khusus mana yang dapat membantu.

Mata kering

Kelenjar air mata mungkin tidak bekerja sebaik dulu. Dalam kasus mata kering, ada perasaan bahwa sebutir pasir telah masuk ke mata. Mata kering dikaitkan dengan proses penuaan, tetapi juga dapat diperburuk oleh beberapa penyakit atau obat-obatan.

Dokter Anda mungkin menyarankan Anda untuk mengambil:

  • obat tetes mata;
  • ruang pelembab udara atau pembersih udara;
  • salep khusus untuk melembabkan mata.

“Jika dokter Anda belum meresepkan atau merekomendasikan obat tertentu, bicarakan dengan apoteker Anda sebelum membeli obat tetes mata, karena komposisi obat tetes mata bervariasi. Tetes mata pelembab mengurangi ketidaknyamanan pemakai lensa kontak yang menghabiskan waktu lama di depan layar saat membaca di ruang kering atau di ruangan dengan asap, debu atau iritasi lingkungan lainnya. Tetes pelembab biasanya mengandung asam hialuronat, povidone, gliserin, CMC (karboksimetilselulosa) atau HPMC (hidroksipropilmetilselulosa). Tetes mata cenderung dengan atau tanpa bahan pengawet. Pengawet membantu menjaga produk tetap steril. Namun, jika Anda memiliki reaksi alergi terhadap bahan pengawet, Anda dapat memilih obat tetes mata tanpa bahan pengawet. Setiap tetes akan dikemas dalam pipet kecil steril sekali pakai.

Untuk orang dengan sindrom mata kering yang parah (misalnya, jika pelepasan air mata alami berkurang seiring bertambahnya usia), obat tetes mata tersedia sebagai gel untuk pelembab. Teksturnya lebih kental dan bisa melembabkan mata lebih lama dari obat tetes mata biasa.”

Kering di daerah Miss V

Kekeringan vagina terjadi pada sekitar setengah wanita setelah menstruasi berhenti. Seperti gejala menopause lainnya, ini disebabkan oleh penurunan tajam kadar estrogen. Selama bertahun-tahun, jaringan lendir, termasuk vagina, menjadi lebih tipis dan kurang fleksibel.

“Seks secara teratur adalah salah satu cara untuk mempertahankan kelembapan pada alat kelamin, tetapi seringkali karena masalah yang telah disebutkan, hubungan seksual menjadi menyakitkan. Kemudian Anda bisa membeli pelembab dan pelumas vagina di apotek. Pelembab vagina yang digunakan setiap hari bermanfaat, terlepas dari apakah Anda berhubungan seks atau tidak. Pelumas akan berguna saat berhubungan seks. Mereka terutama berbasis minyak atau air. Perlu diingat bahwa pelumas berbahan dasar minyak tidak boleh digunakan dengan kondom, karena minyak di dalamnya akan merusak bahan kondom.

Pelumas berbahan dasar air cenderung mengandung panthenol, yang mendorong penyembuhan mukosa jika terjadi mikrotrauma. Ada juga berbagai jenis lilin, aplikator gel sekali pakai, manik-manik yang mengurangi ketidaknyamanan intim. Mereka cenderung mengandung lactobacteria, yang mengurangi pertumbuhan bakteri patogen dan menjaga pH fisiologis mukosa vagina. Pelembab vagina cenderung mengandung gliserin, yang menarik air, ”jelas apoteker.

Penyakit sebagai penyebab kulit kering

Erika Petersone, seorang apoteker di Moon Pharmacy, menjelaskan: “Masalah kesehatan yang dapat menyebabkan kulit kering adalah:

  • penyakit ginjal;
  • anemia atau kekurangan zat besi;
  • hipotiroidisme (rendahnya kadar hormon tiroid);
  • rheumatoid arthritis, yang menyebabkan mata kering.

Kulit kering dan gatal juga bisa disebabkan oleh gula darah tinggi yang disebabkan oleh diabetes tipe 2, karena ada kecenderungan untuk memiliki sirkulasi darah yang buruk atau infeksi, yang bisa sangat umum dengan penyakit ini. Diketahui bahwa pasien diabetes perlu menjaga kesehatan kaki mereka secara khusus, dan disarankan untuk menggunakan produk perawatan kulit khusus yang tersedia di berbagai apotek. ”

Jangan lakukan tanpa air

Salah satu cara efektif untuk mengatasi dehidrasi adalah dengan mendapatkan cairan yang cukup. Air melembabkan kulit dari dalam dan membantunya pulih lebih cepat. Erika Petersone menegaskan: “Air selalu merupakan pilihan yang baik, karena jumlah cairan yang cukup baik menghilangkan racun dari tubuh dan membantu melembabkan kulit. Jus buah, buah dan sayuran yang kaya cairan seperti semangka, mentimun, seledri, salad dan banyak lainnya juga bermanfaat untuk tubuh. Namun, bersamaan dengan minum air yang cukup dan meninjau menu, konsumsi kopi, alkohol, dan minuman berkafein harus dikurangi, karena memiliki sifat diuretik – meningkatkan eliminasi cairan dari tubuh. ”

Postingan Apa yang membuat tubuh dehidrasi dan bagaimana cara mengatasi gurun ini? Terima kasih sudah membaca artikel tentang Apa yang mengeringkan tubuh dan bagaimana mengatasi gurun ini?. lihat artikel menarik lainnya disni Dan bagikan jika artikel ini bermanfaat.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button