Kabar Berita

Beyonce Jadi Peraih Grammy Terbanyak Sepanjang Sejarah

Beyonce tercatat sebagai artis peraih Grammy terbanyak, setelah ia meraih empat penghargaan lagi dalam acara penganugerahan Grammy pada hari Minggu malam.

Beyonce, Queen Bee, kini menjadi artis yang meraih Grammy terbanyak dalam sejarah penghargaan tersebut, memecahkan rekor 26 tahun yang dipegang oleh konduktor Inggris keturunan Hungaria, mendiang Georg Solti.

Ia tidak berada di lokasi acara tersebut sewaktu memecahkan rekor Solti. Pembawa acara Trevor Noah mengatakan Beyonce terjebak kemacetan.
Beyonce mendapat nominasi untuk kategori album terbaik tahun ini, tetapi penghargaan tersebut diraih oleh Harry Styles.

Harry Styles berpose dengan piala penghargaan untuk Album Vokal Pop Terbaik dan Album Tahun Ini

Harry Styles berpose dengan piala penghargaan untuk Album Vokal Pop Terbaik dan Album Tahun Ini “Harry’s House” pada Penghargaan Grammy Tahunan ke-65 di Los Angeles, California, AS, 5 Februari 2023. (REUTERS/Mike Blake)

Kehadiran musik, musisi, penggemar dan Ibu Negara Jill Biden membuat acara penganugerahan Grammy pada hari Minggu itu menjadi meriah.
Seorang penggemar berusia 70-an tahun membacakan kartu yang mengumumkan kemenangan album terbaik Styles.

Sebelumnya dalam acara tersebut, ada video yang memperlihatkan seorang penggemar lansia dan cucu perempuannya menghadiri konser Styles.

Beyonce memecahkan rekor Solti dengan meraih kemenangan dalam kategori album musik dansa/elektronik terbaik untuk Renaissance. Setelah berterima kasih kepada keluarganya dalam pidato penerimaan penghargaan tersebut, ia juga berterima kasih kepada komunitas queer (nonbiner) karena kecintaan mereka dan karena menemukan genre ini.

Jill Biden memperkenalkan kategori baru, Lagu Terbaik untuk Perubahan Sosial.
Pemenang pertama untuk kategori perubahan sosial adalah penyanyi dan penulis lagu Iran Shervin Hajipour, untuk lagunya, Baraye, yang digambarkan Biden sebagai “seruan kuat dan puitis bagi kebebasan dan hak-hak kaum perempuan.” Lagu ini memuat frasa “perempuan, kehidupan, kebebasan” yang sinonim dengan protes warga Iran.

Biden juga mengumumkan Bonnie Raitt sebagai pemenang untuk kategori lagu terbaik, dengan karyanya, Just Like That.

Unholy dari Sam Smith dan Kim Petras menang untuk kategori penampilan grup duo pop terbaik. Petras mengatakan kepada hadirin bahwa ia adalah “perempuan transgender pertama yang menang penghargaan Grammy.”

Sorotan lain dalam acara hari Minggu itu adalah pertunjukan menarik sederetan artis hip hop yang merayakan ulang tahun ke-50 genre musik itu. Band hip hop The Root bermain mengiringi Missy Elliot, Salt ‘N Pepa, Queen Latifah, Run DMC, Busta Rhymes, Grandmaster Flash, dan Public Enemy.

Viola Davis pada Penghargaan Grammy Tahunan ke-65 di Los Angeles, California, AS, 5 Februari 2023. (REUTERS/Mario Anzuoni)

Viola Davis pada Penghargaan Grammy Tahunan ke-65 di Los Angeles, California, AS, 5 Februari 2023. (REUTERS/Mario Anzuoni)

Kemenangan artis Viola Davis diumumkan pada acara yang tidak ditayangkan televisi. Kemenangan itu ia raih untuk narasi memoarnya, yang membuatnya termasuk kelompok EGOT, mereka yang pernah meraih penghargaan Emmy, Grammy, Oscar dan Tony.

Berikut ini daftar peraih Grammy yang diumumkan hari Minggu (5/2):
Album Tahun Ini: “Harry’s House,” Harry Styles
Rekaman Tahun ini, pengakuan atas kinerja menyeluruh lagu: “About Damn Time,” Lizzo
Lagu Tahun Ini, pengakuan atas penulisan lagu: “Just Like That” Bonnie Raitt, penulis lagu
Artis Baru: Samara Joy
Album Musik Dansa/Elektronik: “Renaissance,” Beyonce
Rekaman Musik Dansa/Elektroni: “Break My Soul,” Beyonce
Album Vokal Pop: “Harry’s House,” Harry Styles
Album Rap: “Mr. Morale & the Big Steppers,” Kendrick Lamar
Album Rock: “Patient Number 9,” Ozzy Osbourne
Penampilan Tunggal Pop: “Easy on Me,” Adele
Penampilan Grup/Duo Pop; “Unholy,” Sam Smith dan Kim Petras
Album Amerikana: “In These Silent Days,” Brandi Carlile
Album Country: “A Beautiful Time,” Willie Nelson
Video Musik: “All Too Well (The Short Film),” Taylor Swift
Album Musik Global: “Sakura,” Masa Takumi
Musik Latar untuk Video Game dan Media Interaktif lainnya: “Assassin’s Creed Ragnarok: Dawn of Ragnarok,” Stephanie Economou [uh/lt]

Terima kasih sudah membaca artikel tentang Beyonce Jadi Peraih Grammy Terbanyak Sepanjang Sejarah yang tayang pertama kali di VOA. Lihat artikel menarik lainnya disini Dan bagikan jika artikel ini bermanfaat.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button