Lainnya

Bolehkah ibu hamil makan selada dan apa saja yang harus diperhatikan?

Selada adalah sayuran yang mudah dimakan dan cukup banyak muncul dalam makanan sehari-hari, terutama dalam salad – hidangan favorit yang disukai banyak wanita. Bolehkah ibu hamil makan selada? Selama kehamilan, ada perbedaan dalam pola makan, sehingga banyak ibu hamil yang khawatir harus menambahkan selada atau tidak?

1. Apakah baik ibu hamil makan selada?

Kebanyakan ahli setuju bahwa salad adalah bagian dari diet sehat. Menurut studi, salad mengandung banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk kehamilan, seperti: serat, vitamin A, K, C, E dan vitamin B… dengan banyak mineral penting seperti kalsium, besi, kalium, fosfor, magnesium dan seng.

Bolehkah ibu hamil makan selada
Wanita hamil dapat menambahkan selada ke dalam makanan mereka (Sumber: Internet)

Oleh karena itu, dengan pertanyaan “Bolehkah ibu hamil makan selada?” maka jawabannya pasti YA. Namun, cuci bersih selada sebelum dimakan, karena selada mentah dapat mengandung beberapa parasit dan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit bawaan makanan yang berbahaya seperti listeriosis dan toksoplasmosis.

Selain itu, mencuci setiap daun selada secara terpisah juga membantu menghilangkan sisa pestisida pada sayuran.

2. Manfaat kesehatan saat ibu hamil makan selada

Selada tidak hanya memberikan kontribusi untuk membuat hidangan lebih enak dan menarik, tetapi juga dapat membawa banyak manfaat kesehatan. Berikut beberapa efek selada untuk ibu hamil:

2.1 Pencegahan cacat lahir

Selada adalah sumber yang bagus asam folat Bagus untuk tubuh. Wanita hamil perlu mengonsumsi suplemen asam folat selama kehamilan karena ini adalah zat yang membantu mencegah risiko cacat lahir pada bayi yang belum lahir.

2.2 Memperkuat sistem pencernaan

Sayuran hijau tua seperti selada biasanya tinggi serat. Kandungan serat dalam selada memiliki efek meningkatkan sistem pencernaan dan mencegah penyakit sembelit kehamilan.

Selain itu, ibu hamil yang mengonsumsi selada juga akan membantu mendukung sistem pencernaan agar bekerja lebih efektif.

2.3 Menurunkan kolesterol dalam tubuh

Wanita hamil perlu memastikan bahwa kadar kolesterol mereka dijaga pada tingkat yang stabil untuk mengurangi risiko masalah yang berkaitan dengan penyakit jantung dan penyakit jantung. stroke. Selada mengandung sejumlah zat yang dapat mengatur kadar kolesterol, sehingga makan selada saat hamil akan bermanfaat untuk masalah jantung.

2.4 Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Selada mengandung sedikit vitamin C sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh, karena dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh terhadap beberapa flu biasa.

Selain itu, dalam selada juga mengandung banyak antioksidan, sehingga makan selada akan membantu mencegah kerusakan sel, jaringan dan DNA selama kehamilan.

2.5 Pencegahan anemia

Wanita hamil membutuhkan lebih banyak zat besi dari biasanya, terutama selama kehamilan trimester ke-2 dan 3. Selada merupakan sumber yang kaya zat besi, sehingga mengkonsumsi selada selama kehamilan akan membantu meningkatkan jumlah zat besi dalam tubuh, sehingga mencegah risiko anemia.

ba-bau-an-rausal-lach-duoc-khong-voh-1
Ibu hamil makan selada dapat membantu mencegah anemia (Sumber: Internet)

2.6 Mengurangi risiko kram selama kehamilan

Kekurangan kalium dapat menyebabkan kram kaki (kram) selama kehamilan. Selada kaya akan potasium, sehingga makan selada saat hamil akan menjaga keseimbangan elektrolit selama kehamilan, mencegah komplikasi kehamilan. kram saat hamil.

2.7 Membantu tidur nyenyak

Zat tertentu dalam selada kaleng dapat membantu merangsang tidur alami dan membantu ibu hamil tidur lebih nyenyak. Makan selada juga membantu mencegah rangsangan jaringan saraf dan otot, meningkatkan relaksasi tubuh dan sistem saraf.

2.8 Melindungi tubuh dari infeksi

Selada memiliki sifat antibakteri, yang berkat dua zat terpen dan kardenolida, dapat mengurangi peradangan. Jadi, makan selada selama kehamilan dapat membantu memberikan manfaat terhadap beberapa infeksi berbahaya.

2.9 Menyediakan vitamin K untuk tubuh

Selada merupakan sumber vitamin K yang baik untuk tubuh. Vitamin K dari tubuh ibu dapat diteruskan melalui plasenta ke bayi. Karena itu, ibu hamil yang mengonsumsi selada akan langsung bermanfaat bagi bayi. Vitamin K juga membantu pembekuan darah, sehingga mengurangi risiko pendarahan saat melahirkan.

Lihat lebih lanjut: 6 alasan ini ‘mengingatkan’ Anda untuk menyediakan vitamin K yang cukup untuk tubuh Anda

3. Ibu hamil yang makan selada harus memperhatikan apa?

Makan selada dapat membawa banyak manfaat kesehatan bagi ibu hamil selama kehamilan. Namun, sebelum mengonsumsi selada, ibu hamil harus memperhatikan beberapa hal:

3.1 Cuci selada sampai bersih

Makan selada mentah selama kehamilan dapat membuat Anda menghadapi risiko kesehatan yang serius, karena Anda mungkin belum menghilangkan keberadaan kotoran dan pestisida.

ba-bau-an-rausal-lach-duoc-khong-voh-2
Ibu hamil perlu mencuci selada secara menyeluruh sebelum makan (Sumber: Internet)

Oleh karena itu, cara terbaik bagi ibu hamil untuk memisahkan setiap daun dan memeriksanya dengan cermat. Buang daun yang hancur atau layu. Rendam sisa daun dalam air garam selama kurang lebih 5 menit, lalu bilas dengan air di keran.

3.2 Penggunaan air dingin

Gunakan hanya air dingin untuk membersihkan selada. Jika Anda menggunakan air hangat untuk mencuci sayuran, kerenyahan sayuran akan hilang.

3.3 Beli salad organik

Pupuk, pestisida, dan bahan kimia yang digunakan untuk menanam tanaman mempengaruhi nilai gizi selada. Jadi, menggunakan selada yang ditanam secara organik membantu mengurangi faktor risiko ini.

Dengan demikian selada merupakan sayuran yang sudah tidak asing lagi bagi semua orang, ibu hamil juga bisa menambahkan selada dalam makanannya untuk mendapatkan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan.

.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button