Lainnya

Bolehkah ibu hamil minum teh krisan dan 6 jawaban ‘terungkap’

MILIARchamomile (teh chamomile) dibuat dari bahan utama krisankrisan putih telah mengalami proses pengeringan atau pengeringan. Secangkir teh krisan harum adalah minuman yang menyegarkan dan obat herbal.

Tapi apa efek teh ini untuk kesehatan kehamilan, bolehkah ibu hamil minum teh krisan dan bagaimana cara menggunakannya untuk mendapatkan efek terbaik adalah salah satu kekhawatiran banyak ibu yang “kecanduan?” ” teh.

1. Bolehkah ibu hamil minum teh krisan?

Dapat dikatakan bahwa, selama masa menyusui, sebelum menambahkan minuman apa pun, ibu hamil juga perlu mempelajari dengan cermat pengaruhnya terhadap kesehatan diri dan janinnya.

teh krisan
Setelah trimester pertama, ibu hamil dapat minum teh krisan, dalam jumlah yang wajar dan benar (Sumber: Internet)

Dengan demikian, dengan teh krisan, ahli gizi percaya bahwa, jika tidak ada riwayat alergi sebelum kehamilan (terutama alergi serbuk sari), maka trimester pertamaWanita hamil bisa minum teh krisan.

2. Apa manfaat ibu hamil minum teh krisan dengan benar?

Berdasarkan rekomendasi keamanan, ibu hamil hanya boleh minum teh krisan 1-2 kali seminggu, setiap kali segelas kecil sekitar 50 – 70ml (menggunakan 3-4 bunga krisan) adalah yang terbaik. Mempertahankan asupan yang tepat dengan dosis yang wajar akan membantu ibu memanfaatkan manfaat besar di bawah ini:

2.1 Membersihkan panas tubuh

Teh krisan memiliki rasa pahit yang ringan tetapi setelahnya manis dan termasuk dalam kelompok minuman dingin, sehingga memiliki efek pendinginan yang efektif, sangat cocok untuk subjek dengan suhu tubuh tinggi seperti ibu hamil. Saat ini, selain air yang disaring, campurkan 3-4 rebusan bunga krisan dengan air, gunakan saat masih hangat untuk mendinginkan sekaligus menyegarkan tubuh.

2.2 Meningkatkan kualitas tidur

Kita tahu bahwa fenomena insomnia biasa terjadi di 3 bulan terakhir ketika janin tumbuh dan ibu harus melalui lebih banyak kekhawatiran untuk mempersiapkan kelahiran bayi.

Tapi untungnya, salah satu efek teh krisan pada kesehatan kehamilan adalah sifat sedatifnya, meningkatkan kualitas tidur. Anda dapat menikmati secangkir teh kecil sekitar 30 menit sebelum tidur untuk membantu merilekskan pikiran dan membuatnya lebih mudah untuk tertidur.

Selengkapnya: ‘Pocket’ 3 cara super sederhana atasi insomnia pada ibu hamil

2.3 Pencegahan penyakit pernapasan

Menurut analisis nutrisi, bunga krisan putih mengandung sejumlah kecil esensi kapur barus dengan sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang relatif kuat. Jadi, menyeruput secangkir teh krisan juga merupakan cara untuk membantu ibu menyerap lebih banyak bahan aktif pelindung pernapasan, sehingga mengurangi kejadian pneumonia. penyakit menular berbahaya.

2.4 Mengurangi perut kembung dan gangguan pencernaan

Teh chamomile adalah minuman yang membantu merangsang pencernaan dan meredakan gangguan pencernaan dengan cukup efektif. Oleh karena itu, setelah makan sekitar 30-45 menit, para ahli juga menyarankan agar ibu minum teh krisan sedikit lebih banyak untuk meningkatkan penyerapan dan metabolisme makanan, dan juga membatasi sembelit kehamilan terjadi.

ba-bau-uong-tra-hoa-cuc-duoc-khong-va-6-giai-dap-duoc-tiet-lo-voh-1
Ibu hamil yang menyeruput teh krisan setelah makan juga membantu melancarkan pencernaan (Sumber: Internet)

2.5 Mengatasi penglihatan kabur

Dalam pengobatan tradisional, teh krisan putih yang dimasak dengan goji berry dikenal sebagai obat yang terkenal untuk membantu menjaga kesehatan mata. Untuk itu, jika penglihatan ibu hamil menunjukkan tanda-tanda memburuk, muncul penglihatan kabur, teh ini bisa digunakan.

Lihat lebih banyak: ‘Menghilangkan’ penglihatan kabur selama kehamilan dengan cara ‘super’ sederhana

2.6 Mendukung kontrol gula darah

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa apigenin antioksidan yang ditemukan dalam teh chamomile berperan dalam mengendalikan sekresi insulin pankreas dan metabolisme glukosa. Dari sini, ini berkontribusi pada kontrol dan pencegahan gula darah yang stabil diabetes gestasional. (pertama)

3. Efek samping terlalu banyak minum teh krisan

Penyalahgunaan dan penggunaan teh krisan untuk sepenuhnya menggantikan air biasa selama kehamilan bukanlah kebiasaan yang baik, bahkan membuat ibu hamil lebih rentan terhadap potensi efek samping berikut:

3.1 Peningkatan risiko keguguran

Faktanya, hingga saat ini, tidak ada kesimpulan medis yang pasti bahwa minum teh chamomile meningkatkan risiko keguguran. Namun, sarannya adalah ibu tidak boleh minum teh krisan melebihi batas aman untuk menghindari kontraksi rahim yang berdampak pada janin. (2)

Baca Juga: 10 Makanan Penyebab Keguguran, Ibu Hamil Sebaiknya Tidak Dimakan

3.2 Menyebabkan diare

Teh krisan memiliki sifat pendinginan yang melekat, sehingga jika digunakan secara tidak benar, “manfaatnya akan dirugikan”, wanita hamil mudah terkena perut dingin atau diare berkepanjangan.

3.3 Kurang waspada, mudah tertidur

Minum teh krisan terlalu banyak dapat menyebabkan efek sebaliknya, membuat ibu selalu dalam keadaan mengantuk, lesu dan tidak bertenaga.

4. Beberapa catatan lain yang perlu diketahui ibu hamil saat minum teh krisan

Selain menyesuaikan takaran teh krisan, dalam proses pemakaiannya bunda juga perlu mengetahui beberapa catatan penting berikut ini:

  • Sebaiknya pilih untuk membeli teh krisan dari alamat yang memiliki reputasi baik, sumber yang dapat dipercaya.
  • Ibu bisa membersihkan dan mengeringkan bunga krisan di rumah, lalu merebus airnya untuk diminum.
  • Jika Anda minum obat atau memiliki riwayat kelahiran prematur atau keguguran sebelumnya, konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menggunakan teh.
  • Selain teh krisan, gunakan teh mint, teh jahe madu, atau teh buah yang tidak banyak mengandung pemanis.

Semoga sharing dari artikel tersebut sebagian telah “mengurai” pertanyaan ibu apakah ibu hamil boleh minum teh krisan. Asalkan memperhatikan anjuran keamanan di atas, menikmati teh krisan saat hamil juga akan membawa banyak manfaat kesehatan yang berharga lho, Moms!

.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button