Lainnya

Bukti baru tentang planet misterius tata surya

Bukti baru tentang planet misterius tata surya - Foto 1
Simulasi planet X

Planet misterius – Hingga saat ini, Tata Surya memiliki total 8 planet, masing-masing Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Namun, para astronom telah lama mencari calon planet kesembilan yang dulunya dikenal sebagai planet X.

Dalam proses mempelajari kembali data yang diambil oleh teleskop hampir 40 tahun yang lalu, Profesor Michael Rowan-Robinson dari Imperial College London (UK), menemukan bukti yang mungkin milik sebuah planet misterius yang telah lama dikejar para ilmuwan.

Pada tahun 1983, Profesor Rowan-Robinson memiliki akses ke stok gambar Satelit Astronomi Inframerah (IRAS), juga teleskop inframerah pertama di dunia. Saat itu, ia menemukan tiga calon planet potensial saat mengamati langit dari bulan Juni hingga September di tahun yang sama. Namun, dia kemudian berasumsi dia mungkin salah, sampai saat ini.

Belakangan ini, keberadaan planet X dianggap sebuah kemungkinan, setelah para astronom mengamati orbit Neptunus, planet kedelapan dan terjauh di tata surya. Hal ini mendorong ahli Inggris untuk kembali ke petunjuk sebelumnya.

n

Data IRAS menunjukkan bahwa planet 9 berukuran sekitar 5 massa Bumi. Jarak orbitnya kemungkinan 225 kali jarak Bumi, atau 33,7 miliar kilometer dari matahari.

Jika memang ada, suhu planet di atas sangat dingin, dan sinar matahari yang dipantulkan tidak cukup untuk dapat dengan mudah dideteksi oleh teleskop Bumi.

Laporan Profesor Rowan-Robinson dikatakan berfungsi sebagai indikator, memungkinkan kelompok penelitian masa depan untuk memeriksa objek sesuai dengan parameter yang diusulkan dan wilayah udara jika mereka ingin menemukan planet misterius.

.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button