Kesehatan

Flu dan Covid meningkat, lihat 6 tips untuk melindungi diri sendiri

Sangat sulit untuk mengetahui seseorang yang terpapar flu atau Covid-19 — jumlah kasus Flu dan Covid meningkat di Indonesia dan terus bertambah. Banyak kota telah mengumumkan pembatalan acara dengan ketakutan bahwa rumah sakit akan kembali penuh sesak dengan orang sakit.

Karena pada dasarnya flu dan Covid adalah penyakit saluran pernafasan, maka cara pencegahannya hampir sama.

Lihat 6 tips sederhana yang disiapkan oleh Dr. Ilce Menezes, seorang Infectologist di yang bekerja di Children’s Oncological Hospital.

  1. pakai masker

Ya, masker sudah menjadi aksesoris yang bisa dibilang wajib sejak Covid-19. Karena melindungi hidung dan mulut, masker membantu mencegah penularan flu, Covid, dan pilek. Tetapi perlindungan ini hanya berfungsi jika masker menutupi mulut dan hidung sepenuhnya — tidak menarik masker ke bawah saat berbicara atau membiarkan hidung terbuka.

  1. Hindari aglomerasi

Menjaga jarak juga membantu mengurangi kemungkinan terkena flu dan Covid. Karena mereka adalah penyakit yang ditularkan melalui tetesan yang keluar dari mulut, semakin jauh Anda dari orang-orang, semakin rendah risiko penularannya. Hindari tinggal di tempat ramai. Omicron, varian baru dari Covid, sangat menular – dan telah menjadi alasan utama pembatalan acara, perjalanan keliling dunia dan juga tingginya permintaan pasien di rumah sakit.

  1. Sering cuci tangan

Dalam situasi apapun, kebersihan tangan melindungi tubuh kita dari berbagai penyakit. Ketika datang ke penyakit pernapasan, mencuci tangan sangat penting untuk mencegah infeksi. Pada umumnya penularan flu atau virus Covid terjadi ketika tangan yang terkontaminasi menyentuh mukosa mulut, hidung atau mata. Jadi, saat berada di tempat umum, sebisa mungkin hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut. Mencuci tangan dapat menghentikan penularan virus.

Flu dan Covid meningkat
  1. Tetap up to date dengan vaksin Covid dan flu

Untungnya, jumlah kematian akibat Covid telah turun secara signifikan sejak awal pandemi. Itu karena orang mendapatkan vaksin. Hampir 70% penduduk Indonesia telah menggunakan beberapa varian vaksin, tetapi jumlah mereka yang menggunakan dosis booster masih rendah. Jadi: selalu perbarui vaksin. Vaksinasi adalah cara paling efektif untuk mencegah perkembangan penyakit yang parah saat virus Flu dan Covid meningkat.

  1. Kapan harus ke dokter?

Jika, meskipun dengan segala pencegahan, Anda memiliki gejala seperti demam tinggi dan kesulitan bernapas, tubuh terhidrasi, keluar rumah dan pergi ke unit kesehatan terdekat.

  1. Jangan bagikan berita palsu

Berita Palsu membahayakan nyawa orang dan merupakan kejahatan. Berbagi berita palsu bisa membunuh. Cukuplah untuk melihat berita resmi dari situs pemerintah atau situs lain yang dapat dipercaya. Menurut departemen kesehatan, kematian terbaru dari Covid mempengaruhi orang-orang yang tidak menggunakan vaksin. Oleh karena itu, cobalah untuk memeriksa informasi dengan berkonsultasi dengan situs web yang dapat diandalkan, baik dari media atau badan resmi.

Walau saat ini Flu dan Covid meningkat tapi Anda tidak perlu panik. Ikuti tips diatas dan biasakan diri dengan pola hidup sehat.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button