Lainnya

Gerhana bulan terpanjang 500 tahun akan terjadi akhir pekan ini

Gerhana bulan terpanjang dalam lebih dari 500 tahun akan terjadi akhir pekan ini - Foto 1
Bumi akan melihat gerhana bulan terpanjang dalam lebih dari 500 tahun

Gerhana bulan terpanjang dalam lebih dari 500 tahun akan terjadi pada 19 November. Gerhana bulan parsial ini akan berlangsung beberapa jam, dimulai pada siang hari dan berakhir pada malam hari.

Halaman Waktu dan Tanggal mengatakan bahwa gerhana bulan parsial ini akan mencapai puncaknya pada 16:02:55 pada 19 November (waktu Vietnam) dan bayangan Bumi akan menutupi hingga 97% bulan. Gerhana bulan parsial terlama sebelumnya terjadi pada 2018 dan berlangsung kurang dari dua jam.

Menurut Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional AS (NASA), Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko, serta sebagian Amerika Selatan, Polinesia, Australia, dan China dapat mengamati gerhana bulan ini. Vietnam bukanlah tempat yang baik untuk mengamati karena matahari terbenam belum tiba, sehingga bulan tidak dapat dilihat.

Gerhana bulan terjadi ketika bumi berada di antara matahari dan bulan, menyebabkan bulan tertutup bayangan bumi. Saat terjadi gerhana bulan, bulan akan berada pada titik terjauh dari Bumi. Orbit bulan akan melambat, sehingga membuat bulan lebih lama keluar dari bayang-bayang bumi.

Saat gerhana bulan, bulan akan tampak kemerahan. Gerhana bulan ini akan berlangsung selama beberapa jam dan akan menjadi gerhana bulan terlama dalam 580 tahun. Gerhana bulan berikutnya akan terjadi pada Mei 2022.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button