Kabar Berita

Golden Globes 2023: Nominasi, Skandal, dan Boikot

Setelah timbul skandal dan boikot yang mendorong Hollywood Foreign Press Association atau Asosiasi Wartawan Asing Hollywood menghentikan acara penghargaan tahunannya dari televisi selama setahun, hari Senin (12/12) Golden Globes kembali mengumumkan berbagai nominasi film.

Film drama komedi “The Banshees of Inisherin” berhasil meraih nominasi terbanyak, yaitu 8 nominasi. Film ini bercerita tentang drama yang terjadi diantara dua orang sahabat lama di sebuah pulau kecil di Irlandia, ketika salah satu diantaranya memutuskan untuk mengakhiri persahabatan mereka.

Aktor Colin Farrell, salah satu tokoh utama dalam film

Aktor Colin Farrell, salah satu tokoh utama dalam film “The Banshees of Inisherin” saat menghadiri acara Toronto International Film Festival 2017 (dok: Evan Agostini/Invision/AP)

Film bertema metamesta yang berjudul “Everything Everywhere all at Once” menempati posisi kedua dengan enam nominasi.

Nominasi untuk film drama terbaik diberikan untuk film “The Fabelmans” arahan sutradara Steven Spielberg, “Top Gun: Maverick,” “Tar”, “Avatar: The Way of Water,” dan “Elvis.”

(Ki-ka) Yola, Austin Butler, Olivia Dejonge, director Baz Luhrmann, Tom Hanks dan Luke Bracey di acara pemutaran perdana film 'Elvis' di London, 31 Mei 2022 (Dok: Joel C Ryan/Invision/AP)

(Ki-ka) Yola, Austin Butler, Olivia Dejonge, director Baz Luhrmann, Tom Hanks dan Luke Bracey di acara pemutaran perdana film ‘Elvis’ di London, 31 Mei 2022 (Dok: Joel C Ryan/Invision/AP)

Sedangkan nominasi untuk film komedi atau musikal, jatuh kepada film “The Banshees of Inisherin,” Everything Everywhere All at Once,” Babylon,” Triangle of Sadness,” dan “Glass Onion: A Knives out Mystery.”

Salah satu peraih nominasi untuk kategori aktor terbaik dalam film drama adalah Brendan Fraser atas aktingnya dalam film “The Whale.”

Film “The Whale” yang bertema drama psikologi bercerita tentang seorang pria penyendiri bernama Charlie, yang mengalami obesitas. Merasa bersalah karena meninggalkan keluarganya, Charlie yang berprofesi sebagai seorang guru, berusaha memperbaiki hubungan dengan putrinya yang sudah beranjak dewasa.

Aktor Brendan Fraser meraih nominasi Golden Globe atas perannya dalam film

Aktor Brendan Fraser meraih nominasi Golden Globe atas perannya dalam film “The Whale.” (dok: Arthur Mola/Invision/AP)

Rencananya, ajang penghargaan Golden Globes akan berlangsung tanggal 10 Januari mendatang, dengan pelawak Jerrod Carmichael sebagai pembawa acaranya.

Pelawak Jerrod Carmichael akan menjadi pembawa acara Golden Globes Award tanggal 10 Januari 2023 mendatang (dok: Rob Grabowski/Invision/AP)

Pelawak Jerrod Carmichael akan menjadi pembawa acara Golden Globes Award tanggal 10 Januari 2023 mendatang (dok: Rob Grabowski/Invision/AP)

Golden Globes tengah mencoba untuk bangkit kembali tahun ini. Investigasi Los Angeles Times pada awal tahun 2021 menemukan bahwa asosiasi tersebut pada waktu itu tidak memiliki anggota yang berkulit hitam. Tidak hanya itu, Golden Globes juga mendapat tuduhan lainnya yang berkaitan dengan ketidakwajaran etika.

Aktris Viola Davis di acara pemutaran perdana film

Aktris Viola Davis di acara pemutaran perdana film “The Woman King” di Toronto International Film Festival (9 September 2022) (dok: REUTERS/Carlos Osorio)

Banyak bintang dan studio film yang mengatakan kalau mereka akan memboikot acara tersebut. Beberapa waktu lalu, aktris Viola Davis yang kali ini meraih nominasi untuk kategori aktris terbaik dalam film drama atas perannya di film “The Woman King,” sempat mengatakan kepada Associated Press, bahwa ia masih belum memutuskan apakah akan menghadiri acara penghargaan ini jika ia berhasil meraih nominasi.

Aktor Tom Cruise bahkan telah mengembalikan tiga pialanya. Stasiun televisi NBC tahun lalu membatalkan siaran yang seharusnya berlangsung bulan Januari lalu. Sebaliknya, Golden Globes diam-diam diadakan di hotel Beverly Hilton tanpa ada bintang yang hadir. Para pemenangnya pun diumumkan melalui Twitter. [di/ii]

Terima kasih sudah membaca artikel tentang Golden Globes 2023: Nominasi, Skandal, dan Boikot yang tayang pertama kali di VOA. Lihat artikel menarik lainnya disini Dan bagikan jika artikel ini bermanfaat.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button