Kabar Berita

Jalan Cepat Setiap Hari Dapat Mencegah Satu dari 10 Kematian Dini

Satu dari 10 kematian dini dapat dicegah dengan berolahraga setiap hari, misalnya jalan cepat selama 11 menit. Demikian hasil penelitian besar yang dirilis pada Rabu (1/3).

Aktivitas fisik diketahui dapat mengurangi risiko penyakit jantung, kanker, dan penyebab utama kematian lainnya, tetapi belum jelas berapa banyak yang dibutuhkan untuk mengetahui dampaknya.

Maka dari itu, tim peneliti internasional mengumpulkan hasil dari 196 penelitian sebelumnya, yang mencakup lebih dari 30 juta orang, untuk melakukan salah satu tinjauan terbesar mengenai hal itu.

Mereka menghitung bahwa sekitar satu dari enam kematian dini bisa dicegah jika setiap orang dalam penelitian itu melakukan aktivitas fisik dengan intensitas sedang setidaknya 150 menit seminggu, level yang direkomendasikan oleh Departemen Kesehatan Inggris.

Namun, setengah dari jumlah itu pun – 75 menit seminggu, atau kurang dari 11 menit sehari – dapat mencegah satu dari 10 kematian, menurut meta-analisis yang terbit dalam British Journal of Sports Medicine.

Latihan tersebut termasuk dapat mengurangi risiko penyakit jantung sebesar 17 persen dan tujuh persen mengurangi risiko kanker.

Untuk orang yang jarang atau tidak melakukan aktivitas fisik, berolahraga selama 11 menit sehari dapat menurunkan risiko kematian dini hingga 23 persen. [ka/rs]

Terima kasih sudah membaca artikel tentang Jalan Cepat Setiap Hari Dapat Mencegah Satu dari 10 Kematian Dini yang tayang pertama kali di VOA. Lihat artikel menarik lainnya disini Dan bagikan jika artikel ini bermanfaat.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button