Kabar Berita

Kanada Pertimbangkan Dekriminalisasi Sebagian Besar Obat-obatan Terlarang

Empat tahun setelah pengunaan marijuana dilegalkan di seluruh Kanada, momentum politik untuk mendekriminalisasikan sebagian besar obat-obatan terlarang lainnya terus berlanjut di negara itu.

Tahapan negosiasi dengan Kementerian Kesehatan sehubungan dengan permohonan dari Provinsi British Columbia untuk dikecualikan dari penerapan Undang-undang Pengendalian Obat-Obatan kini selangkah lebih maju. Pengecualian ini akan mengijinkan kepemilikan hingga 4,5 gram dari opioids, kokain, dan metamfetamin.

Permintaan serupa juga sedang dipertimbangkan oleh Dewan Kesehatan Kota Hamilton, di Ontario, dan Dewan Komisioner Polisi kota Saskatoon di Saskatchewan. Sebuah Rancangan Undang-undang yang diajukan oleh anggota Partai Demokratik Baru yang sayap kiri, direncanakan akan dibahas dalam parlemen federal tahun ini.

Anggota Dewan Kota Edmonton, di provinsi Alberta, memberikan dukungan penuh untuk memberlakukan pengecualian seperti itu hanya beberapa jam sebelum kunjungan Perdana Menteri Justin Trudeau ke kota tersebut pada bulan ini.

“Realitasnya adalah di Alberta kami melihat banyak sekali tragedi seputar epidemi opioid,” ujar Trudeau dalam lawatannya ke Edmonton.

“Saya berbicara dengan Wali Kota (Amarjeet) Sohi tentang hal ini tadi malam ketika tiba, dan saya mendapat kesan bahwa dia dan kita semua sangat khawatir dengan apa yang diderita warga Alberta akibat epidemi opioid.”

Meskipun Trudeau tidak secara langsung mendukung permohonan pengecualian itu, Trudeau, sebagaimana dikutip oleh CTV Television, mengatakan, pemerintahannya “akan menyambut baik permohonan itu jika sampai ke kantornya. … Kami sudah bekerja dengan pemerintah British Columbia menyelesaikan isu yang sama, dan kami akan memastikan keputusan kami dibuat berdasarkan sains, dan juga dukungan terhadap rakyat.”

Krisis opioid yang telah melanda Kanada dan juga Amerika Serikat menjadi faktor terbesar yang mendorong langkah legalisasi obat-obatan terlarang.

Sebuah studi pemerintah federal Kanada yang dirilis pada bulan lalu melaporkan terjadi kenaikan sebesar 95 persen pada tingkat kematian akibat keracunan opioid yang terjadi dalam kurun waktu satu tahun pada 2021.

Hampir 23.000 warga Kanada meninggal akibat keracunan opioid antara Januari 2016 dan Maret 2021. [jm/ps]

Terima kasih sudah membaca artikel tentang Kanada Pertimbangkan Dekriminalisasi Sebagian Besar Obat-obatan Terlarang yang tayang pertama kali di VOA. Lihat artikel menarik lainnya disini Dan bagikan jika artikel ini bermanfaat.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button