Kabar Berita

Kota Suci Ayodhya Pertahankan Rekor Menyalakan 1,5 Juta Lampu Minyak

Kota suci Ayodhya di bagian utara India Sabtu malam (22/10) mempertahankan rekor dunia Guinnes setelah berhasil menyalakan lebih dari 1,5 juta lampu minyak dan menjaganya agar tetap menyala selama 45 menit, yang merupakan bagian dari perayaan Diwali atau Festival Cahaya Hindu.

Kota ini tahun lalu menyalakan 900.000 lampu minyak.

Perdana Menteri India Narenda Modi ikut menyaksikan pertunjukkan yang menakjubkan itu. Sementara ribuan pengunjung memadati tepian Sungai Saryu di mana lampu-lampu itu dinyalakan Sabtu malam. Pertunjukkan cahaya dan kembang api ikut menerangi kota itu dan tepian sungainya.

Ribuan warga kota juga menyalakan lampu di rumah-rumah dan kuli mereka.

Festival cahaya melambangkan kemenangan kebaikan atas kejahatan, menandai kembalinya Dewa Hindu Rama ke kediamannya setelah diasingkan selama 14 tahun, mengalahkan iblis mitologis Rahwana dan menyelamatkan istrinya yang diculik, Sita. (em/jm)

Terima kasih sudah membaca artikel tentang Kota Suci Ayodhya Pertahankan Rekor Menyalakan 1,5 Juta Lampu Minyak yang tayang pertama kali di VOA. Lihat artikel menarik lainnya disini Dan bagikan jika artikel ini bermanfaat.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button