Kabar Berita

Langgar Aturan Hijab, Iran Larang 12 Aktris Bekerja

Pihak berwenang Iran melarang 12 aktor perempuan bekerja karena tidak mematuhi aturan ketat mengenai pakaian di republik Islam tersebut, yang mencakup kewajiban mengenakan hijab, kata seorang pejabat pada hari Rabu (25/10).

Artis Iran Fatemeh Motamed-Aria menghadiri sesi pemotretan juri Festival Film Venesia ke-75 di Venice Lido, 29 Agustus 2018. (Filippo MONTEFORTE / AFP)

Artis Iran Fatemeh Motamed-Aria menghadiri sesi pemotretan juri Festival Film Venesia ke-75 di Venice Lido, 29 Agustus 2018. (Filippo MONTEFORTE / AFP)

“Mereka yang tidak mematuhi hukum, tidak akan diizinkan bekerja,” kata Menteri Kebudayaan dan Bimbingan Islam Iran Mohammad Mehdi Esmaili kepada wartawan setelah pertemuan kabinet mingguan.

Pada hari Selasa, media Iran melaporkan bahwa 12 aktris yang ditemukan melanggar undang-undang hijab itu di antaranya Taraneh Alidoosti, Katayoun Riahi dan Fatemeh Motamed-Aria, “tidak akan diizinkan untuk memainkan peran dalam film”.

Alidoosti dan Riahi termasuk di antara tokoh masyarakat yang ditahan sebentar selama protes yang meluas tahun lalu terkait kematian perempuan Kurdi, Mahsa Amini, yang berusia 22 tahun dalam tahanan.

Aktris Iran Katayoun Riahi berpose dengan penghargaan aktris terbaiknya untuk perannya dalam

Aktris Iran Katayoun Riahi berpose dengan penghargaan aktris terbaiknya untuk perannya dalam “The Last Super” Festival Film Interantaional Kairo ke-26, 25 Oktober 2002. (MARWAN NAAMANI / AFP)

Amini sebelumnya telah ditangkap karena diduga melanggar aturan berpakaian yang keras bagi perempuan di Iran.

Kematiannya memicu demonstrasi selama berbulan-bulan yang oleh pihak berwenang disebut sebagai “kerusuhan” yang dipicu oleh pemerintah asing.

Sejak protes massal tahun lalu, perempuan semakin banyak yang mengabaikan aturan berpakaian yang mewajibkan penutup kepala dan pakaian sopan.

Menutup leher dan kepala telah diwajibkan bagi perempuan sejak tahun 1983, setelah revolusi Islam Iran tahun 1979.

Iran telah meningkatkan tindakan selama beberapa bulan terakhir terhadap perempuan dan bisnis yang melanggar aturan hijab.

Pada bulan September, anggota parlemen memberikan suara mendukung hukuman yang lebih berat, termasuk hukuman penjara hingga 10 tahun, bagi perempuan yang melanggar aturan berpakaian. [ab/uh]

Terima kasih sudah membaca artikel tentang Langgar Aturan Hijab, Iran Larang 12 Aktris Bekerja yang tayang pertama kali di VOA. Lihat artikel menarik lainnya disini Dan bagikan jika artikel ini bermanfaat.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button