Kabar Berita

Los Angeles Akan Lelang Gaun ‘Legends: Hollywood & Royalty’

Lelang tersebut hendak menunjukkan peran tokoh budaya terkenal dunia dan para ikon layar lebar. Tiga gaun Putri Diana termasuk gaun-gaun yang akan dilelang.

Dirancang Bruce Oldfield dan Catherine Walker, ketiga gaun itu terakhir kali ditawarkan untuk dijual oleh Balai Lelang Christies pada 1997.

Direktur eksekutif Balai Lelang Julien, Martin Nolan mengatakan bahwa ketiga gaun itu didapat dari lelang aslinya yang dilakukan pada 1997 ketika Putri Diana menjual gaun-gaun tersebut untuk menggalang dana bagi badan amal. Gaun-gaun itu kini kembali akan dilelang untuk pertama kalinya.

Tentang gaun-gaun itu, Martin Nolan membeberkan, “Ada gaun indah berwarna hitam dan giok yang dikenakan Diana ketika makan malam gala kerajaan di Toronto, Kanada, pada 1991. Diana tiga kali memakai gaun merah rancangan Bruce Oldfield, yang terakhir pada 1991 ketika hadir dalam pemutaran perdana film ‘Hot Shots.”

Gaun rancangan Bruce Oldfield diperkirakan akan terjual antara $200 ribu dan $400 ribu. Sedangkan gaun off-the-shoulder hitam dan giok karya Catherine Walker diperkirakan laku antara $100 ribu dan $200 ribu. Gaun ketiga pernah dikenakan Diana ke acara pribadi. Gaun berwarna gading dan beludru hitam, juga karya Catherine Walker, itu diperkirakan akan terjual antara 60 ribu dan 80 ribu dolar.

Lelang yang disebut “Legends: Holllywood & Royalty” itu juga menawarkan memorablia yang pernah dimiliki tokoh-tokoh Hollywood. Barang-barang itu antara lain foto Polaroid Dennis Hopper, hasil jepretan Andy Warhol, dan perhiasan milik Humphrey Bogart dan Lauren Bacall – termasuk cincin kawin mereka.

Selain gaun-gaun milik Putri Diana dan banyak gaun lainnya, ada gaun yang lebih ikonik berwarna merah muda yang dikenakan Audrey Hepburn ketika berperan sebagai Holly Golightly dalam film ikonik “Breakfast at Tiffany’s”, pada 1961.

Gaun merah muda yang dikenakan Audrey Hepburn dalam adegan film

Gaun merah muda yang dikenakan Audrey Hepburn dalam adegan film “Breakfast At Tiffany’s”. (Twitter/@JuliensAuctions)

Martin Nolan menjelaskan, “Yang menarik dari gaun merah muda yang dirancang Givenchy, yang merupakan sahabat Audrey, adalah dalam beberapa adegan sebelumnya ia memakai gaun gelap atau warna yang sangat netral sepanjang film. Lalu tiba-tiba ia mengenakan warna merah jambu cerah dengan mantel merah muda yang serasi.”

Benda-benda lain yang akan dilelang, dan pasti mudah dikenali penggemar film fiksi ilmiah adalah properti mulai dari Era Keemasan Hollywood hingga film klasik modern. Misalnya, piring terbang dari film “The Day the Earth Stood Still,” yang diperkirakan laku $60.000 sampai $80.000; properti dari film “Alien”, dan beberapa benda dari film “Avengers,” mencakup helm Iron Man yang dikenakan Robert Downey Jr, diperkirakan terjual antara $50.000 dan $70.000.

Barang-barang dari film “Star Trek” misalnya jaket komando dan perwira Starfleet berwarna merah marun yang dikenakan William Shatner sebagai Laksamana James T. Kirk dalam “Star Trek II: The Wrath of Khan.” Benda ini diperkirakan terjual $100.000- $200.000.

Jaket perwira komando Starfleet yang dikenakan oleh William Shatner sebagai

Jaket perwira komando Starfleet yang dikenakan oleh William Shatner sebagai “Laksamana James T. Kirk” dalam Star Trek II: The Wrath of Khan (Paramount, 1982).(Twitter/@JuliensAuctions)

Ditawarkan pula 16 tongkat dari film “Harry Potter.” Tongkat dari film “Deathly Hallows Part 1” milik Harry, Ron, dan Hermione diperkirakan terjual masing-masing seharga $5.000-$10.000, dan tongkat Ralph Fiennes yang berperan sebagai Lord Voldemort dari film “Harry Potter and the Goblet of Fire” diperkirakan terjual $40.000 – $60.000.

Kostum dan benda-benda dari film “Star Wars” juga akan dilelang, diperkirakan akan menarik tawaran antara $40.000 dan $60.000. Pistol DL-44 milik Harrison Ford yang berperan sebagai Han Solo diperkirakan berharga $15.000-$20.000.

Lelang “Legends: Hollywood & Royalty” adalah hasil kerja sama balai lelang Julien dan Turner Classic Movies. Lelang akan berlangsung tiga hari, 6-8 September, di Beverly Hills dan secara online. [ka/lt]

Terima kasih sudah membaca artikel tentang Los Angeles Akan Lelang Gaun 'Legends: Hollywood & Royalty' yang tayang pertama kali di VOA. Lihat artikel menarik lainnya disini Dan bagikan jika artikel ini bermanfaat.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button