Kabar Berita

Mengenang Penyanyi Legendaris Tina Turner

Salah seorang penyanyi terbaik sepanjang masa, Tina Turner, meninggal, Rabu. Artis kelahiran Amerika namun sudah 10 tahun ini menjadi warga negara Swiss, meninggal pada usia 83 setelah lama sakit, kata manajernya.

Pernyataan duka berdatangan dari para pengagumnya termasuk sesama penyanyi. Pada akun Instagramnya, Mick Jagger dari the Rolling Stone menulis, “Saya sangat sedih atas meninggalnya teman baik saya Tina Turner… Dia menginspirasi, bersahabat, lucu dan murah hati. Dia banyak membantu saya … dan saya tidak akan pernah melupakannya.”

Fans Tina Turner di Gedung Putih, sekretaris pers Karine Jean-Pierre terkejut ketika seorang wartawan mengabarkan berita kematian ikon musik itu. “Kabar yang sangat menyedihkan,” cetusnya.

Ia menambahkan, “Saya adalah penggemar berat Tina Turner. Itu kehilangan besar bagi komunitas yang mencintainya dan tentunya industri musik. Dan musiknya akan terus dikenang.”

Presiden Biden merilis pernyataan turut berduka untuk keluarga Turner, termasuk suaminya, Erwin, juga kepada penggemar di seluruh dunia atas kepergian perempuan yang mereka setuju sebagai “yang terbaik”.

Turner memulai karirnya pada 1950-an dalam tahun-tahun awal rock and roll. Ia kemudian berkembang menjadi fenomena MTV.

Dalam video untuk lagunya yang menduduki puncak tangga lagu “What’s Love Got to Do with It,” Turner melambangkan gaya 1980-an. Ia wira-wiri di jalan-jalan Kota New York dengan rambut pirang yang jabrik, memakai jaket jeans pendek, rok mini, dan sepatu berhak tinggi.

Kadang-kadang dijuluki “Ratu Rock ‘n’ Roll,” Turner meraih enam dari delapan nominasi Grammy Awards pada 1980-an. Dalam dekade itu, 12 lagunya masuk Top 40. Total, ia meraih 12 Grammy, menjual 150 juta album di seluruh dunia, dan dua kali masuk Rock and Roll Hall of Fame; pertama bersama Ike Turner, mantan suaminya pada 1991 dan pada 2021.

Pertunjukannya pada 1988 di Rio de Janeiro ditonton 180.000 orang, salah satu konser terbesar untuk artis tunggal. Ketika itu, Turner telah bercerai dari gitaris Ike Turner setelah menikah belasan tahun dari 20 tahun kebersamaan mereka.

Turner bernama asli Anna Mae Bullock, lahir pada 26 November 1939 di komunitas pedesaan Nutbush di Tennessee. Dalam lagu tahun 1973, “Nutbush City Limits,” ia menggambarkan kota itu sebagai “komunitas tua kecil yang tenang, kota satu kuda.”

Namun ia meninggal di rumah yang sangat besar di tepi danau, di dekat Zurich, ibu kota Swiss. [ka/lt]

Terima kasih sudah membaca artikel tentang Mengenang Penyanyi Legendaris Tina Turner yang tayang pertama kali di VOA. Lihat artikel menarik lainnya disini Dan bagikan jika artikel ini bermanfaat.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button