Kabar Berita

Para Dokter Senior Inggris Terima Tawaran Gaji setelah Aksi Mogok

Dokter-dokter senior di rumah sakit di Inggris telah menerima tawaran gaji, kata serikat pekerja dan pemerintah, Jumat (5/4). Kesepakatan itu mengakhiri perselisihan yang merugikan karena semakin banyak dokter yang pindah untuk mendapatkan pekerjaan dengan gaji lebih baik di luar negeri.

Kesepakatan tersebut akan membuat beberapa konsultan, dokter spesialis berpengalaman menerima kenaikan gaji hampir 20 persen untuk tahun 2023-2024.

Para pemimpin dokter mengatakan petugas medis di semua tingkatan telah beramai-ramai meninggalkan Dinas Kesehatan Nasional (National Health Service/NHS) yang dikelola negara, didorong oleh lingkungan kerja yang penuh tekanan dan kecilnya paket gaji.

Para dokter spesialis berpengalaman telah memutuskan mogok kerja sejak Juli 2023, ketika mereka mengambil tindakan untuk pertama kalinya dalam lebih dari satu dekade.

September lalu mereka juga mogok bersamaan dengan dokter rumah sakit lain di bawah level spesialis, yang juga disebut dokter junior. Ini adalah pertama kalinya kedua kelompok melakukan aksi mogok secara bersamaan.

Aksi unjuk rasa para dokter junior, anggota BMA (British Medical Association), di luar Rumah Sakit St Thomas di London, Senin, 26 Februari 2024. (AP/Kin Cheung)

Aksi unjuk rasa para dokter junior, anggota BMA (British Medical Association), di luar Rumah Sakit St Thomas di London, Senin, 26 Februari 2024. (AP/Kin Cheung)

Pemogokan ini telah memperburuk keterlambatan penanganan pasien akibat COVID-19 dan kekurangan dana selama bertahun-tahun yang mengakibatkan waktu tunggu yang lama untuk mendapatkan pengobatan, yang menurut para kritikus membahayakan nyawa pasien.

Ikatan Dokter Inggris (British Medical Association/BMA), yang mewakili para dokter di Inggris, mengatakan 83 persen anggotanya di Inggris telah memberikan suara mendukung tawaran kenaikan gaji tersebut.

BMA mengatakan bahwa perubahan pada badan peninjau gaji sebagai bagian dari kesepakatan itu berarti mereka tidak bisa lagi mengabaikan kerugian historis yang diderita oleh para dokter atau fakta bahwa negara-negara di luar negeri bersaing untuk mendapatkan dokter Inggris dengan tawaran gaji yang jauh lebih tinggi.

Jajak pendapat BMA yang diterbitkan pada tahun 2022 mendapati bahwa sekitar 40 persen dokter junior di Inggris berencana meninggalkan NHS segera setelah mereka mendapatkan pekerjaan lain, dan sekitar sepertiga dari mereka berencana pindah ke luar negeri dalam 12 bulan ke depan.

Sekitar 42 persen dari mereka mengatakan Australia adalah tujuan pilihan mereka. [lt/ab]

Terima kasih sudah membaca artikel tentang Para Dokter Senior Inggris Terima Tawaran Gaji setelah Aksi Mogok yang tayang pertama kali di VOA. Lihat artikel menarik lainnya disini Dan bagikan jika artikel ini bermanfaat.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button