Bisnis Online

Pentingnya layanan purna jual dalam hubungan Anda dengan pelanggan

Pentingnya layanan purna jual sama pentingnya dengan pertumbuhan bisnis Anda? Penelitian menunjukkan bahwa, bagi konsumen, yang benar-benar penting pada saat pembelian adalah diperhatikan dengan baik dan merasa bahwa perusahaan peduli dengan pengalaman mereka. Dengan demikian, penting bagi perusahaan untuk memahami pentingnya purna jual dalam hubungan dengan pelanggan mereka untuk memastikan kepuasan mereka.

Menyenangkan pelanggan dengan menawarkan mereka pengalaman yang berbeda meningkatkan peluang mereka untuk melakukan pembelian baru. Selain itu, melayani dengan baik dapat membuat konsumen bahkan menjadi promotor brand Anda di kemudian hari.

Karena pelanggan semakin menuntut, memberikan pengalaman positif harus menjadi prioritas bagi perusahaan di semua tahap siklus hidup pelanggan, dari kontak pertama dengan perusahaan, melalui keputusan pembelian dan di luar penjualan. , dengan saluran purna jual dan dukungan pelanggan .

Apa itu, dan apa pentingnya layanan purna jual?

Purna jual adalah layanan pelanggan yang memenuhi syarat yang didasarkan pada dukungan pelanggan bahkan setelah pembelian.. Tujuannya adalah untuk menjamin kepuasan pelanggan Anda melalui layanan yang berbeda di mana ia dapat meminta koreksi atas kegagalan yang akhirnya terjadi dan bantuan untuk masalah.

Apakah akan menawarkan dukungan, menanggapi umpan balik atau bahkan bertukar produk, purna jual terutama bertanggung jawab untuk menjaga kepuasan pelanggan. Saat ini, ada beberapa alat dan saluran yang dapat digunakan, dan terserah kepada perusahaan Anda untuk memilih yang paling tepat untuk melayani pelanggan Anda.

Selain itu, untuk memilih saluran layanan yang akan disediakan oleh perusahaan Anda, penting untuk memahami lebih lanjut tentang dua kategori purna jual: aktif atau reseptif.

Secara umum, purna jual aktif memfokuskan upayanya pada upaya untuk mendekatkan dan mempertahankan publik. sudah menerima purna jual atau resolutif bertujuan untuk memberikan dukungan dan bantuan kepada pelanggan melalui saluran komunikasi yang tersedia.

Pentingnya layanan purna jual dalam hubungan dengan pelanggan, dan manfaatnya bagi merek Anda

Setiap strategi yang dikembangkan untuk meningkatkan layanan pelanggan dan menghasilkan kepuasan berkontribusi pada profitabilitas bisnis karena mengurangi Tingkat churn dan mendorong peningkatan Nilai Seumur Hidup (LTV). Dengan kata lain, ini menghindari pembatalan, membantu meningkatkan tingkat pembelian kembali dan menjual.

Oleh karena itu, merek perlu memahami bahwa purna jual sama pentingnya dengan pencarian calon pelanggan dan penjualan itu sendiri. Pelanggan semakin mencari layanan yang berbeda, dan organisasi yang menetapkan strategi dalam pengertian ini menonjol.

Pentingnya layanan purna jual unknown person using laptop
Photo by LinkedIn Sales Solutions

Bayangkan sebuah situasi: pelanggan pergi ke toko, melakukan pembelian, dan, beberapa hari kemudian, produk tersebut cacat. Jadi, seperti konsumen lainnya, dia memutuskan untuk menghubungi merek tersebut, tetapi dia tidak mendapat tanggapan. Artinya, dia pasti tidak akan puas dan tidak akan membeli dari merek tersebut lagi.

Oleh karena itu, meskipun memiliki pengalaman yang baik hingga saat pembelian, kurangnya layanan purna jual yang baik sangat menentukan bagi pelanggan untuk meninggalkan merek tersebut. Namun, bagaimana jika konsumen telah dilayani dan masalahnya terpecahkan? Mungkin pengalamannya akan berbeda, dan mungkin dia bahkan akan menjadi promotor merek.

Mengingat situasi ini, pentingnya layanan purna jual dan kebutuhan untuk memantau kepuasan pelanggan menjadi jelas. Cara yang baik untuk melakukan pemantauan ini adalah melalui kuesioner dan umpan balik.

Bagaimana melakukan layanan purna jual yang baik?

Memastikan kepuasan pelanggan dan memikirkan pengalaman pasca-pembelian sama mendasarnya dengan strategi akuisisi, dan membuat pelanggan senang tidak memerlukan investasi tinggi. Agar merek Anda menawarkan layanan yang berbeda dan memastikan bahwa pelanggan menerima dukungan yang mereka butuhkan, yang perlu Anda lakukan hanyalah menerapkan beberapa praktik yang baik.

Langkah pertama dalam memberikan layanan purna jual yang baik adalah mempersiapkan tim Anda untuk memecahkan masalah dan keluhan dengan otonomi dan kelincahan.. Masalah selalu bisa terjadi dan konsumen Anda mengetahuinya, jadi cara merek Anda akan menyelesaikannya adalah yang terpenting.

Selain itu, bersikap transparan dengan konsumen adalah strategi yang baik untuk menjaga hubungan yang baik. Selalu beri tahu pelanggan Anda dengan baik tentang tindakan yang akan Anda ambil untuk memecahkan masalah yang diberikan. Sikap sederhana ini membuat layanan Anda jauh lebih manusiawi dan pelanggan Anda akan merasa lebih puas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button