Kabar Berita

Roti Panggang Keju Inggris Mulai Rambah Paris

Prancis selama ini membanggakan keju produksi mereka yang lebih dari seribu jenis, dan roti lapis gurih mereka, croque monsieur, yang sangat terkenal. Tetapi tampaknya kini makanan pokok sederhana dari Inggris mulai menarik perhatian orang Prancis. Roti panggang bertabur keju cheddar menjadi bintang dalam kontes roti panggang keju di Paris baru-baru ini.

AP – Kalah tipis dari Belgia, bukan berarti roti panggang keju, penganan yang sangat umum di Inggris, tidak mendapat apa-apa dalam kompetisi International Toastie, ajang adu roti panggang internasional, di Paris.

Belgia dinobatkan sebagai Grand Fromage, pemenang kompetisi tersebut. Tetapi, walau tidak menang, camilan panas sederhana roti panggang keju yang telah dinikmati jutaan orang di Inggris, menarik perhatian dan pujian dari para pakar cita rasa makanan dari Prancis.

Kenyataan itu tidak mengherankan para staf di sebuah kafe di London Timur. Rahasianya, menurut mereka, terletak pada cara membuatnya.

Manajer kafe “The Dusty Knuckle” Charlie Atkinson menjelaskan, “Kejunya berasal dari peternakan di Yeovil, London. Dua jenis keju cheddar dicampur dengan saus Béchamel yang dibuat dari campuran susu, mentega dan tepung terigu, untuk menjadikannya ekstra lembut. Lalu, pelengkap roti lapis panggang ini kami ganti setiap delapan minggu, disesuaikan dengan musim dan jenis sayuran yang sangat bagus ketika itu. Dengan cara ini, kami juga berfokus dalam penggunaan produk lokal dan komunitas. Justru ini, menurut saya, selalu membuat apapun menjadi lebih lezat.”

ILUSTRASI - Hidangan khas Prancis, Croque Monsieur. (AP/Matthew Mead)

ILUSTRASI – Hidangan khas Prancis, Croque Monsieur. (AP/Matthew Mead)

Pada kompetisi yang sekaligus pameran keju tersebut, ada banyak sekali variasi penganan yang menggiurkan. Croque monsieur, roti lapis gurih yang dilengkapi keju dan daging, penganan klasik dari Prancis, tidak lagi menjadi satu-satunya yang menarik minat.

Di Inggris, roti panggang keju juga semakin bervariasi. Bahan-bahan baru ditambahkan ke penganan klasik tersebut. Seorang pengunjung kafe yang sedang menikmati roti panggang keju Inggris menuturkan, “Ini enak sekali. Saya suka campuran keju dan leek. Kombinasi ini sangat enak. Ini sudah menjadi menu makanan yang komplit. Semuanya jadi satu, enak sekali.”

Jadi, apakah keju cheddar atau Caerphilly, brie atau burrata, roti panggang keju yang sederhana akan semakin mendunia. [ka/ab]

Terima kasih sudah membaca artikel tentang Roti Panggang Keju Inggris Mulai Rambah Paris yang tayang pertama kali di VOA. Lihat artikel menarik lainnya disini Dan bagikan jika artikel ini bermanfaat.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button