Fashion

Saat rambut rontok seperti daun di pohon: Penyebab dan solusinya

Setiap orang kehilangan rata-rata 50-200 helai rambut sehari, dan ini adalah proses alami yang mungkin tidak disadari orang. Pada saat rambut kepala yang tebal menjadi jauh lebih tipis dan Anda dapat melihat rambut rontok di sekitar Anda – baik di sisir, di kamar mandi, dan di sweter – Anda harus mulai memikirkan penyebab masalahnya. Penyebab peningkatan kerontokan rambut bisa jadi karena kekurangan vitamin dan sebaliknya – overdosis, namun, mereka bukan satu-satunya. Apa yang dapat menyebabkan peningkatan kerontokan rambut, kapan masalah tersebut harus mendapat perhatian khusus dan apa yang harus dilakukan untuk mengurangi kerontokan rambut, kata Amanda Ozoliņa, apoteker bersertifikat dari jaringan apotek.

Setiap rambut memiliki rentang hidupnya sendiri, tetapi rata-rata antara 2 dan 6 tahun. Selama periode ini, rambut melewati dua fase. Dalam apa yang disebut fase pertumbuhan (fase anagen), akar rambut terletak di lapisan kulit terdalam dan bertahan dengan kuat. Ini diikuti oleh fase istirahat atau telogen, ketika misi hidup rambut selesai, tidak lagi tumbuh. Jika rambut seperti itu pada fase istirahat ditarik lebih keras, kemungkinan besar akan rontok, tetapi jika Anda tidak menyentuhnya, rambut juga akan rontok setelah beberapa saat dan dalam 2-3 bulan batang rambut baru akan mulai. tumbuh di tempatnya. “Karena rambut adalah struktur yang relatif sensitif, ia juga bereaksi cepat terhadap kekurangan berbagai zat dalam tubuh, ketidakseimbangan hormon, dan masalah kesehatan. Rambut yang sangat sering kusam, rapuh, dan tipis menandakan penyakit dalam, stres teratur, atau kelebihan beban tubuh. Terkadang rambut juga rontok karena alasan genetik – ini disebut androgenetic alopecia. Ini adalah masalah yang lebih sering dihadapi oleh seks yang lebih kuat, ketika garis rambut surut perlahan – pertama di area pelipis, kemudian di tengkuk, tetapi kemudian juga dari bagian atas kepala,” jelas apoteker bersertifikat Apotheka. Amanda Ozoliņa. Dalam kasus alopesia androgenetik, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter rambut atau ahli trikologi.

Kerontokan rambut relatif lebih sering terjadi pada fase telogen dan penyebabnya bisa bermacam-macam:

  • Musiman: Di musim gugur dan musim semi, rambut rontok lebih banyak! Ilmuwan menjelaskan hal ini dengan pengaruh musim pada proses pembentukan hormon, yang terjadi saat panjang hari dan jumlah cahaya berubah. Hormon dalam tubuh bertanggung jawab untuk pertumbuhan rambut.
  • Pengaruh kondisi eksternal: Di bawah pengaruh udara kering dan panas, rambut juga menjadi lebih kering dan pecah-pecah, jadi biasanya setelah musim panas yang terik Anda dapat melihat bahwa rambut kehilangan kelembapan dan menjadi kusam. Mengeringkan rambut dengan pengering rambut, menggunakan pewarna rambut berkualitas rendah, dan pemutihan memiliki efek yang serupa. “Jika rambut rusak di bawah pengaruh faktor eksternal tersebut, sayangnya, situasi ini tidak dapat diperbaiki lagi. Kabar baiknya, faktor fisik hanya merusak batang rambut (bagian tak hidup), namun akar rambut tidak terpengaruh. Bahkan jika sehelai rambut rontok, rambut baru akan segera tumbuh menggantikannya,” kata apoteker Apotheka, Amanda Ozoliņa.
  • Stres kronis: Ini melemahkan sistem kekebalan tubuh dan dengan demikian juga mempengaruhi pertumbuhan rambut dan kerontokan rambut. Stres juga meningkatkan kadar androgen (hormon pria) dalam tubuh, yang selanjutnya dapat meningkatkan kerontokan rambut.
  • Penyakit: Kondisi rambut juga merupakan indikator dan cerminan kesehatan secara keseluruhan. Jika Anda mengalami kerontokan rambut dalam waktu yang lama, Anda harus pergi ke dokter keluarga, ginekolog, atau ahli endokrin untuk menyingkirkan penyakit apa pun. Paling sering, rambut rontok lebih sering terjadi pada kasus penyakit tiroid. Karena kelenjar tiroid membantu mengatur metabolisme dengan mengontrol produksi protein dan penggunaan oksigen jaringan, baik tiroid yang kurang aktif (hipotiroidisme) maupun tiroid yang terlalu aktif (hipertiroidisme) dapat memengaruhi folikel rambut. Selain itu, penyakit kronis apa pun dapat menyebabkan peningkatan kerontokan rambut, tetapi di bawah pengaruh infeksi virus dan bakteri, saat suhu tubuh naik, rambut yang paling tidak stabil memasuki fase kerontokan. Ini tidak langsung terjadi – rambut tetap berada di sarungnya hingga tiga bulan hingga akhirnya rontok. Di sisi lain, dengan latar belakang kekebalan yang melemah, risiko terkena salah satu infeksi jamur – trikofitosis, mikrosporia – meningkat, yang juga menjadi penyebab hilangnya hiasan kepala yang tebal. Penderita diabetes dan perokok tentunya harus menjaga kesehatannya, karena gangguan peredaran darah di kapiler kecil tidak baik untuk kesehatan rambut dan lama kelamaan memperparah kerontokannya.
  • Malnutrisi, kekurangan vitamin dan mineral: Rambut rontok sebagian besar disebabkan oleh kekurangan zat besi dan anemia yang disebabkan olehnya. Namun, vitamin dan mineral harus digunakan dengan hati-hati, karena penggunaan vitamin yang berlebihan juga dapat menimbulkan efek sebaliknya. Jika, misalnya, terlalu banyak mengonsumsi vitamin A dan selenium, bahkan bisa menyebabkan kerontokan rambut yang meningkat.

Apoteker Apotheka Amanda Ozoliņa mengajak Anda untuk memikirkan tentang kekurangan zat lain, jika Anda memperhatikan bahwa rambut menjadi kusam, tipis dan lebih rontok:

  • Seng. Telah terbukti bahwa jika tubuh kekurangan seng, rambut menjadi kusam dan lemah.
  • Tembaga. Hal ini diperlukan untuk pembentukan pigmen yang memberi warna pada rambut. Jika terjadi kekurangan tembaga, jumlah pigmen pada batang rambut akan berkurang.
  • Mangan dan besi. Kedua elemen jejak ini membantu tubuh menghasilkan enzim yang berpartisipasi dalam metabolisme dan memastikan bahwa sel disuplai dengan energi. Zat besi penting untuk pembentukan protein yang sangat diperlukan untuk sel rambut.
  • Vitamin C. Ini adalah salah satu antioksidan paling kuat yang membantu melindungi tubuh dan kulit dari infeksi dengan meningkatkan kekebalan. Ini juga baik untuk kesehatan rambut.
  • Bioflavonoid. Penggunaan antioksidan alami secara teratur mencegah kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dalam sel, termasuk sel rambut.
  • Vitamin B, terutama vitamin B12 tidak hanya berpartisipasi dalam metabolisme karbohidrat, lemak dan protein, tetapi juga dalam proses hematopoiesis dan aktivitas otot, mengatur pembentukan dan pertumbuhan sel kulit dan mukosa. “Jika ada kekurangan vitamin B12 dalam tubuh, itu mempengaruhi eritrosit sel darah merah dan mereka tidak dapat memasok jaringan dengan oksigen sepenuhnya dan rambut rontok meningkat juga dimulai. Karena vitamin B12 terutama dikonsumsi dalam makanan dari produk hewani, vegan sering mengalami kekurangan vitamin ini,” kata apoteker Apotheka Amanda Ozoliņa.
  • Silikon. Tanpa silikon, batang rambut tidak akan kuat dan tahan lama.
  • Vitamin D. Empat elemen – zat besi, vitamin D, vitamin B12, selenium – juga dapat dikaitkan dengan uban prematur. Asupan tambahan zat ini dapat membantu mencegah atau setidaknya memperlambat rambut beruban prematur. Di sisi lain, jika kekurangan vitamin D, fase pertumbuhan rambut dipersingkat,” tambah apoteker Apotheka Amanda Ozoliņa.

Tips agar rambut tidak rontok:

  • Saat mengeringkan rambut dengan hair dryer, disarankan untuk menggunakan pengaturan panas sedang.
  • Selama periode musim dingin, ketika udara kering di dalam ruangan karena pemanasan, tetapi di luar dingin, kondisioner digunakan untuk perawatan rambut. Ini akan melembabkan rambut Anda dan mencegah penumpukan listrik statis.
  • Tidak disarankan untuk berlebihan dengan terlalu sering menggunakan masker dan minyak rambut.
  • Cobalah makan sehat dan perkuat sistem kekebalan Anda!
  • Penting untuk mengurangi stres setiap hari: disarankan untuk berjalan jauh dan istirahat penuh.
  • Penyakit kronis, jika ada, harus dikontrol.
  • Singkirkan kebiasaan buruk! Tidak hanya merokok, minum alkohol juga tidak baik untuk rambut – tubuh keracunan dan keracunan menyebabkan perubahan struktur rambut.
  • Anda bisa menggunakan vitamin kompleks untuk kesehatan rambut selama tiga bulan.

Tiga tanda saat saatnya mengunjungi ahli trikologi (spesialis rambut):

  1. Jika peningkatan kerontokan rambut telah diamati selama lebih dari tiga bulan;
  2. Jika lebih dari enam helai rambut tersisa dalam segenggam saat menarik rambut dengan lembut;
  3. Jika rambut menjadi lebih tipis secara signifikan dan mulai surut.

Terima kasih sudah membaca artikel tentang Saat rambut rontok seperti daun di pohon: Penyebab dan solusinya
. lihat artikel menarik lainnya disniDan bagikan jika artikel ini bermanfaat.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button