SponsorTeknologi

Tips merawat laptop agar tetap stabil dari MediaCyber

Untuk memperpanjang umur laptop simak tips merawat laptop dari MediaCyber ini. Disarankan Anda menjaga tidak hanya dari fisiknya saja namun juga menjaga sitem atau perangkat lunaknya. Praktik yang baik seperti tidak terlalu membebani baterai dan bahkan memastikan kinerja yang lebih baik, misalnya dengan mengingat untuk mematikan dan menghidupkan ulang laptop dari waktu ke waktu.

MediaCyber telah menyusun daftar langkah-langkah yang dapat Anda ambil untuk mengembangkan kebiasaan dan lebih berhati-hati dengan laptop Anda. Agar terpelihara dengan baik, dan laptop dapat bertahan selama bertahun-tahun sehingga tetap mendukung pekerjaan atau studi Anda. Simak Tips merawat notebook di bawah ini.

Mencegah kecelakaan

Jenis kecelakaan berulang dengan perangkat yang dapat dengan mudah Anda bawa ke mana-mana adalah jatuh. Intensitas benturan yang berbeda, sudut dan bahan finishing mempengaruhi hasil dari benturannya, tetapi biasanya laptop plastik berakhir dengan retak dan panel pecah. Risiko lainnya adalah pecahnya layar, sebuah skenario di mana kerusakannya bisa sangat besar.

Selain berusaha menghindari meninggalkan laptop di sudut dan di tepi meja, penting untuk mencoba memindahkannya secara layar menutup, risiko pecahnya berkurang. Hewan peliharaan adalah faktor risiko lain: ketika hewan peliharaan ada di sekitar, ada baiknya untuk ekstra perhatian dan mencoba menjauhkan notebook Anda dari jangkauan mereka.

Rawat baterai dengan baik

Baterai saat ini relatif tangguh tetapi dapat membuat stres dan keausan seiring waktu. Karena Anda tidak dapat mengalahkan entropi, hal terbaik yang harus dilakukan adalah menciptakan beberapa kebiasaan yang berkontribusi untuk mengurangi keausan dan mengurangi tekanan pada komponen.

Di antara tipnya adalah penggunaan alat yang mencegah pengisian baterai di atas titik tertentu: laptop dari beberapa merek, seperti Samsung, menawarkan fitur yang memblokir pengisian hingga 85%, secara signifikan mengurangi upaya komponen (Anda dapat melepaskan 15% sisanya dengan beberapa klik, jika Anda perlu meningkatkan otonomi).

Foto: Disclosure / Samsung

Matikan laptop saat di charge tujuannya agar baterai laptop tidak cepat rusak. Ini jauh lebih baik, ketimbang memakai laptop sembari mencharger. Karena laptop tidak akan mengisi daya secara maksimal ketika sambil digunakan. Hal ini juga jadi sumber dari banyaknya pengguna laptop yang mengalami kebocoran baterai.

Saat melakukan aktivitas berat seperti gaming, atau live streaming usahakan untuk langsung mencharge laptop saat baterainya masih di range 50%. Untuk pemakaian ringan paling minimum berada di angka 30%.

Perhatikan lingkungan

Anda juga perlu mengetahui kondisi lingkungan di mana Anda menggunakan laptop. Berada di bawah sinar matahari dalam waktu lama — baik dengan kondisi menyala atau dalam keadaan standby— bukanlah ide yang baik, karena panas dapat membahayakan integritas perangkat keras.

Demikian juga, menggunakannya di lingkungan yang sangat pengap, karena komputer akan mengalami kesulitan bertukar panas dengan udara, meningkatkan suhu internal — sesuatu yang dapat mengurangi masa pakai mesin, menurunkan kinerja dan, dalam kasus ekstrim, dapat mengakibatkan crash.

Jangan paksa layar atau port

Tips merawat laptop selanjutnya berfokus pada LCD. Layar LCD laptop halus dan rentan terhadap kerusakan. Karena suku cadang ini mahal, disarankan untuk berhati-hati saat membuka dan menutup laptop: jangan paksa engsel saat membuka dan berhati-hatilah untuk tidak menutup laptop dengan membantingnya.

Port dan konektor juga perlu ditangani dengan hati-hati. Adalah umum bahwa antarmuka laptop hanya dipasang pada sasis dan satu-satunya pengikatnya terdiri dari titik solder konektor dengan papan laptop: dengan mengerahkan kekuatan yang berlebihan pada port, Anda dapat merusak solder ini. Jika rusak dan terputus, konektor mungkin gagal dan Anda harus memanggil teknisi berpengalaman dengan peralatan untuk melakukan perbaikan.

Matikan atau nyalakan ulang komputer dari waktu ke waktu

Jika Anda tidak menggunakannya, cobalah untuk membiarkan laptop dalam keadaan mati: benar-benar di shutdown bukan mode standby. sirkuit elektronik tidak memiliki bagian yang bergerak, tetapi masih memiliki batas umur. Sistem operasi Anda akan mendapat manfaat dari hard reset sesekali, yang dapat menjamin kinerja yang lebih tinggi ketika Anda benar-benar membutuhkan laptop saat memghidupkannya.

Reboot (terutama pada model dengan SSD) tidak memakan waktu lama dan bisa sangat bermanfaat di awal hari kerja, misalnya. Selain itu, tindakan tersebut memungkinkan pembaruan sistem dan komponen driver yang tertunda dilakukan, yang juga penting bagi umur perangkat lunak laptop.

Perbarui perangkat lunak dan sistem operasi

Menjaga berbagai perangkat lunak, driver, dan sistem operasi tetap mutakhir adalah ukuran bahwa, jika di satu sisi hal itu akan berdampak kecil pada daya tahan laptop, di sisi lain hal itu dapat membawa lebih banyak ketenangan pikiran dan bahkan kinerja yang lebih baik. Pembaruan dirilis oleh pengembang untuk memperbaiki bug, meningkatkan stabilitas aplikasi mereka. Bukan hanya itu, ini juga memperbaiki kelemahan keamanan yang serius dan bahkan meningkatkan kinerja — kasus khas driver kartu video, misalnya.

Itulah tips merawat laptop dari MediaCyber. Semoga bermanfaat. Jangan lupa ikuti kami di Google News disini, cukup klik bintang untuk menjadikan kami bacaan favorit.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button